Mualem Jenguk Edo, Kombatan GAM Kluet Utara yang Dipasung

Tapaktuan | AcehJurnal.com – Ketua Komite Peralihan Aceh (KPA), H. Muzakir Manaf mengunjungi kediaman Ridwan (43), kombatan GAM yang terbaring sakit di Gampong Simpang 4 Kuta Fajar, Kecamatan Kluet Utara, Aceh Selatan, Minggu (5/9/2021) malam. Kunjungan pria sapaan akrab Mualem usai bertakziah ke rumah duka Waled Marhaban Bakongan.

Baca juga : 16 Tahun MoU Helsinki, Mualem : Isi Perjanjian Damai Belum Dituntaskan Pusat

Perlu diketahui, Ridwan atau akrab disapa Edo ini merupakan anggota kombatan GAM wilayah Lhok Tapak Tuan. Sejak konflik berkecamuk di Aceh, Edo bersama rekannya sempat ditangkap TNI. Setelah perjanjian damai MoU Helsinki, Edo mulai mengidap gangguan jiwa. Lantaran terkendala biaya, ia terpaksa dipasung agar tidak meresahkan masyarakat.
Baca : Catatan Jurnalis Siasati Blokade TNI/Polri Untuk Tembus Markas GAM (1)
Mualem ketika dikonfirmasi AcehJurnal.com mengatakan, kunjungannya sebagai bentuk keprihatinan dirinya terhadap kombatan GAM yang kondisinya masih memprihatinkan.
“Informasi teuntra bak loen. Gobnyan dua goe didrop dan keunong rante. Tapi ase lheuh geuplueng sira geuba rante (Informasi pasukan kepada saya. Beliau (Edo) dua kali ditangkap aparat dan diikat dengan rantai. Tapi berhasil kabur dengan kondisi terikat dengan rantai),” ujar Mualem kepada AcehJurnal.com via telepon seluler, Senin (6/9/2021).
Advertisement

Baca juga : Pada Milad PA, Mualem Singgung Merosotnya Perolehan Kursi DPRA

Dalam kunjungan itu, Mualem turut memberikan bantuan berupa sembako dan sejumlah uang untuk biaya pengobatan Edo yang diketahui telah lama sakit. Dalam kunjungan itu, Mualem turut menginstruksikan kepada seluruh Panglima KPA Wilayah Ban Sigom Aceh agar turut bersinergi membantu kombatan GAM, aneuk syuhada dan janda korban konflik.
“Kita akan usahakan untuk memfasilitasi biaya pengobatan Edo. Apalagi saat kita jenguk semalam, Edo berbicara normal. Insya Allah jika ditangani dengan baik, kondisinya akan normal kembali,” pungkas Mualem. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT