Banjir Rendam Aceh, Warga Mulai Mengungsi

BANDA ACEH | ACEHJURNAL.COM – Musibah banjir menerjang sejumlah daerah di Aceh. Banjir luapan ini terjadi usai hujan deras yang terus mengguyur Aceh sejak dua hari lalu.
Dilansir data resmi dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyebutkan, luapan banjir ikut merendam sejumlah desa di Kabupaten Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Tengah, Aceh Utara, Langsa hingga Aceh Tamiang. Bahkan musibah longsor terjadi si sejumlah titik.
Kepala BPBA Ilyas ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya masih mendata sejumlah desa yang masih terdampak banjir.
“Masih sedang kita lakukan pendataan sejumlah desa yang terkena banjir di seluruh daerah,” kata Kepala BPBA Ilyas via telepon seluler, Minggu (22/1/2023).
Sementara, informasi dari warga mengatakan, ketinggian air di perkampungan bahkan sudah mencapai 80 centimeter. Bahkan sejumlah warga Kabupaten Aceh Utara, Bireuen dan Pidie sudah mulai mengungsi ke meunasah setempat.
“Genangan banjirnya udah terjadi sejak Jumat (20/1) malam. Kami terpaksa mengungsi ke rumah saudara ataupun ke meunasah setempat,” ujar Ummi Anik, warga Gampong Cot Geulumpang Tunong Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen.
Hal senada juga terjadi di Aceh Tengah. Informasi diperoleh, hujan deras menyebabkan banjir dan tanah longsor. Material longsor bahkan menutupi badan, tepatnya d jalan nasional di KM 50 Jalan Lintas Takengon-Blangkejeren, Kecamatan Linge.
“Sejak kemarin, material longsor masih menutupi jalan sehingga belum bisa dilalui baik roda 2 maupun roda 4,” ujar Faisal, warga Bener Meriah kepada AcehJurnal.com.
Hingga saat ini, hujan masih terus mengguyur di sejumlah wilayah di Aceh. Bahkan luapan banjir masih merendam jalan lintas nasional Banda Aceh – Medan. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT