Tok! Pilkada Aceh Tak Dapat Digelar 2022

Banda Aceh | AcehJurnal.com – Komisi Independen Pemilihan (KIP) akhirnya resmi memutuskan Pilkada di Aceh. Keputusan ini mulai berlaku untuk seluruh proses, mulai dari tahapan, program dan jadwal pemilihan kepala daerah di Aceh pada tahun 2022. Ini dilakukan KIP Aceh hingga ada keputusan lebih lanjut dari pemerintah sesuai peraturan perundang-undangan.

Baca : Revisi UU Pemilu Dicabut, Aceh Tak Dapat Laksanakan Pilkada 2022

Ketua KIP Aceh, Samsul Bahri ketika dikonfirmasi AcehJurnal.com via telepon seluler mengatakan, keputusan ini dilakukan setelah KIP Aceh menanti batas waktu realisasi Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NHPD) antara KIP dengan Pemerintah Aceh hingga 01 April 2021 lalu.

Baca : Seluruh Parpol di Aceh Berkomitmen Agar Pilkada Aceh Dilaksanakan pada 2022

“Sebelumnya kita juga telah menerima surat dari Pemerintah Aceh terkait NHPD. Hingga saat ini, Pemerintah Aceh katanya masih menunggu arahan selanjutnya dari Pemerintah Pusat terkait kebijakan lebih lanjut menurut aturan perundang-undangan,” kata Ketua KIP Aceh, Samsul Bahri via telepon seluler, Sabtu (3/4/2021).

Baca : DPRA Pertanyakan Sikap Tegas Pemerintah Pusat soal Pilkada Aceh

Samsul menjelaskan, pihaknya menunda seluruh tahapan dan jadwal Pilkada di Aceh pada tahun 2022 mendatang karena masih menunggu arahan selanjutnya dari pemerintah. Menurutnya, hasil keputusan dari penundaan tahapan Pilkada di Aceh ini juga nantinya akan diteruskan ke DPRA agar disampaikan kepada Gubernur Aceh.

Baca : Terkait Penyelenggaraan Pilkada di Aceh, Ketua DPRA : Kita Sepakat Digelar pada 2022

Sebelumnya diberitakan, KIP Aceh telah menetapkan tahapan Pilkada sepakat digelar pada tahun 2022 mendatang. Hal ini berdasarkan keputusan KIP Aceh Nomor1/PP/01.2-Kpt/11/Prov/I/2021 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Wali Kota dalam Provinsi Aceh tahun 2022. Dalam hal ini, KIP mengusulkan anggaran sekira Rp 214 Miliar untuk seluruh biaya proses tahapan Pilkada Aceh. Kucuran dana ini berdasarkan hasil kesepakatan Pemerintah Aceh dan DPRA pada pembahasan APBA tahun 2021.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT