Serap Aspirasi Warga Abdya, Safaruddin : Sektor UMKM Mampu Entaskan Kemiskinan  

Blangpidie | AcehJurnal.com – “Saya menginginkan, seperti kelompok ibu-ibu majelis taklim di setiap desa harus hidup mandiri, jangan sampai mereka dalam kebutuhannya bergantung kepada pejabat publik atau politik. Maunya, majelis taklim itu punya usaha mandiri dan dikelola sendiri, yang hasilnya itu bisa dinikmati oleh mereka, dari mereka, ke mereka,” kata Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin kepada warga.

Pernyataan ini disampaikan saat menggelar pertemuan dengan sejumlah masyarakat Kabupaten Abdya, Jumat (2/4/2021). Kunjungan itu dilakukan usai melaksanakan kegiatan reses di Daerah Pemilihan XII, meliputi Abdya, Aceh Selatan, Aceh Singkil dan Subulussalam.

Selain masalah pembangunan infrastruktur, dirinya siap memperjuangkan aspirasi masyarakat dengan cara mendorong program-program terkait pemberdayaan ekonomi. Sehingga masyarakat ke depan diharapkan dapat mandiri dari segi perekonomiannya.

Begitu halnya soal kepemudaan, Presiden Legend Sigupai ini juga turut mendorong generasi muda agar membentuk kelompok-kelompok usaha. Mulai dari sektor pertanian, peternakan maupun kelompok-kelompok usaha keterampilan.

“Kalau misalnya kita bantu mesin jahit, kalau mereka tidak terampil itu juga akan menjadi mesin rongsongkan dan kemudian menjadi masalah nantinya. Jadi kita siapkan alatnya, tetapi juga kita siapkan keterampilan sumber daya manusianya,” tambahnya.

Selain itu, , dalam program-program yang akan diperjuangkannya ke depan, dirinya turut memfokuskan untuk melahirkan industri-industri kecil atau usaha kecil menengah (UMKM) di kalangan masyarakat. Menurutnya, peluang mengidupkan industry-industri di rumah tangga dan usaha ekonomi kreatif lainnya bagi anak-anak muda diharapkan mampu menekan angka kemiskinan di Aceh, khususnya di wilayah Barat – Selatan.

“Ini juga membuka lapangan kerja bagi anak-anak muda. Mungkin dengan diberikan modal usaha sedikit atau pelatihan keterampilan, maka mereka nanti akan punya usaha sendiri,” ujar Safaruddin.

Safaruddin menambahkan, untuk sektor industri skala besar serta mempercepat produksi pertanian masyarakat, dirinya akan mengadvokasi hal-hal tersebut ke pemerintah pusat. Putra asli Abdya ini juga akan mengadvokasikan ke DPR RI dan Pemerintah pusat agar membangun pusat-pusat perindustrian besar di Aceh, khususnya di pantai Barat Selatan.

“Khususnya untuk kebutuhan-kebutuhan mesin untuk mempercepat produksi pertanian warga,” ujar Safaruddin.

Safaruddin berharap, sejumlah program-program yang diperjuangkan nantinya dapat bermanfaat untuk masyarakat, serta menggerakkan perekonomian masyarakat. Sehingga jika berbicara kemiskinan, maka setidaknya sudah mulai tergerak lah pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Dengan harapan ke depan, sedikit terjawab tantangan dalam kita mengatasi persoalan kemiskinan,” pungkasnya. [Parlementaria]

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT