Polisi Amankan Sekelompok Pemuda Konvoi Bendera Bintang Bulan

Lhokseumawe | AcehJurnal.com – Sekelompok pemuda yang melalukan konvoi menggunakan bendera Bintang Bulan diamankan pihak kepolisian. Amatan AcehJurnal.com dari video yang beredar di grup Whatsapp, diantaranya Grup Sahabat Se-Aceh. Video berdurasi 02.50 detik ini memperlihatkan, sekelompok pemuda awalnya menggelar konvoi membawa bendera Bintang Bulan tiba-tiba dicegat oleh anggota Polres Lhokseumawe.

Informasi diperoleh, konvoi bendera Bintang Bulan dilakukan sekelompok pemuda dari jaringan Aneuk Syuhada. Mereka berkonvoi dengan mengendarai sepeda motor sambil membawa bendera Bintang Bulan.

Salah satu peserta konvoi yang enggan namanya ditulis mengatakan, konvoi ini untuk mengenang 148 tahun perang Aceh dengan Belanda yang dimulai pada 26 Maret 1873.

“Konvoi ini untuk memperingati 148 tahun perang Aceh dengan Belanda, yaitu 26 Maret 1873 hingga 26 Maret 2021. Konvoi kami ini merupakan konvoi damai,” kata narasumber yang enggan namanya ditulis kepada AcehJurnal.com, Jumat (26/3/2021).

Mereka menggelar konvoi berkeliling kota Lhokseumawe. Saat melintasi di daerah simpang empat lampu merah, tepatnya di jalan Merdeka Timur, aparat gabungan tiba-tiba menyetop dan membubarkan aksi.

Aparata kepolisian sempat menanyakan alasan mengapa peserta konvoi tidak mematuhi aturan lalu lintas. Pasalnya, peserta konvoi umumnya tidak memakai helm. Selain itu, peserta juga tidak mematuhi protokol kesehatan, diantara melakukan perkumpulan di khalayak ramai dan tidak memakai masker.

Suasana konvoi bendera Bintang Bulan sebelum dihentikan paksa oleh petugas gabungan. Foto Tangkapan Layar Video

Advertisement

Suasana konvoi bendera Bintang Bulan sebelum dihentikan paksa oleh petugas gabungan. Foto Tangkapan Layar Video

Peserta kemudian meminta izin untuk kembali berkonvoi keliling kota Lhokseumawe, namun dicegat oleh petugas. Situasi menjadi semakin gaduh tatkala peserta berusaha menerobos dari petugas. Bahkan, diantara mereka sempat meneriaki “Aceh Merdeka”. Sehingga aparat kepolisian dibantu TNI segera menghentikan motor mereka secara paksa. Bahkan, petugas juga ikut mencabut paksa kunci sepeda motor peserta dan ikut mengamankan bendera Bintang Bulan.

Hingga berita ini diturunkan, masih belum diperoleh keterangan resmi dari pihak jajaran Polres Lholseumawe. Kabarnya, polisi turut mengamankan sejumlah pemuda yang terlibat dalam aksi konvoi tersebut. []

Laporan : Asnawi Umar.

1 COMMENT

  1. Itu imbas dari MOU yg ridak pernah tuntas, para elit elit tidak pernah berjuang utk membeskan rasa kekecewaan rakyat thdp pemerintah pusat, sampai sampai hari ini Atjeh dilebel dgn daerah termiskin di sumatra..😂😂😂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT