Jelang Milad GAM, Ini Instruksi Mualem dan Abu Razak

Banda Aceh | AcehJurnal.com – Menjelang peringatan Milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ke-45 pada Sabtu (4/11/2021) mendatang, jajaran Komite Peralihan Aceh mengajak seluruh kader dan simpatisan terus bersinergi bersama lapisan masyarakat menjaga keamanan terus kondusif. Ketua KPA Pusat, Muzakir Manaf mengintruksikan untuk menggelar serangkaian acara sebagaimana biasa dilakukan sebelumnya. Diantaranya menggelar doa bersama, menyantuni anak yatim dan berziarah ke makam pejuang GAM.

“Milad tahun ini tetap sama seperti dulu. Ini momen sejarah yang wajib kita kenang oleh seluruh lapisan masyarakat Aceh,” kata Mualem kepada AcehJurnal.com via telepon seluler, Kamis (25/11/2021).

Baca : 16 Tahun MoU Helsinki, Mualem : Isi Perjanjian Damai Belum Dituntaskan Pusat

Mualem menjelaskan, refleksi Milad GAM senantiasa dijadikan sebagai momen untuk bersama-sama membangun Aceh. Salah satunya bersinergi dalam memperjuangkan kekhususan Aceh yang termaktub dalam butir-butir perjanjian damai Memmorandum of Understanding (MoU) Helsinki. Mualem menginstruksikan kepada jajaran KPA ban sigom Aceh tetap menggelar acara Milad di wilayah dan sagoe masing-masing. Ini dikarenakan kondisi wabah Covid-19 masih melanda Aceh, nasional bahkan dunia.

Baca : Isu Pengibaran Bendera Bintang Bulan Jelang Milad GAM, Mualem : Kita Tidak Suruh dan Larang

Advertisement

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua KPA, Kamaruddin Abubakar alias Abu Razak. Menurutnya, ritual momentum peringatan Milad GAM yang diperingati pada 4 Desember tidak dengan mengerahkan massa atau berkerumunan di tempat keramaian.

“Tidak ada instruksi apapun pada Milad GAM nanti. Silahkan menggelar milad seperti biasanya di wilayahnya masing-masing,” ucap Abu Razak.

Abu Razak menjelaskan, secara historis, rakyat Aceh mengenangnya sebagai momentum untuk mempererat tali persaudaraan dan sekaligus ungkapan rasa syukur kepada Allah atas perdamaian Aceh.

“Intinya kita saling bermuhasabah diri atas apa yang telah kita capai saat ini. Salah satunya lahirnya perdamaian Aceh yang harus kita jaga dan rawat dengan baik,” pungkas Abu Razak. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT