184 Etnis Rohingya Kembali Terdampar di Pantai Lamnga Aceh Besar

ACEH BESAR | ACEHJURNAL.COM – Sebanyak  184 pengungsi Rohingya terdampar lagi di pantai Kuala Gigieng Lamnga Kecamatan Krueng Raya Kabupaten Aceh Besar, Minggu (8/1/2023). Mereka terdiri dari 69 laki-laki, 75 perempuan, dan 40 anak-anak.

“Hasil penghitungan bersama yang disaksikan pihak UNHCR, IOM, TNI, dan instansi terkait lainnya, jumlah mereka yang terdampar adalah 184 orang,” kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Joko Krisdiyanto dalam keterangannya.

Kombes Joko mengatakan, saat ini petugas masih berupaya mengevakuasi para imigran Rohingya ke pengungsian UPTD Dinas Sosial di Ladong. Julukan manusia perahu ini nantinya akan dilanjutkan penanganan oleh BPBD, Imigrasi, dan Dinsos, serta instansi terkait lainnya.

“Para imigran Rohingya masih dalam proses evakuasi ke UPTD Dinsos di Ladong,” ujar Kombes Joko Krisdianto.

Sebelumnya, informasi keberadaan etnis Rohingya ini disampaikan oleh nelayan setempat. Sekjend Panglima Laot Miftach Cut Adek mengatakan, nelayan setempat sempat melihat tiga kapal yang mengangkut pengungsi Rohingya di perbatasan perairan Indonesia, tepatnya tiga mil dari Pulau Rondo.

“Informasi awal dari Panglima Laot Ie Meulee, bahwa telah ditemukan pengungsi Rohingya oleh nelayan yang berada Selatan Pulau Rondo yang berjarak kurang lebih 3 Mil dari Pulau Rondo,” kata Sekjen Panglima Laot Aceh Miftach Cut Adek, Sabtu (7/1/2023). []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT