Yuk Nikmati Sunset di Pantai Lhoknga

Aceh Besar | AcehJurnal.com – Bagi Anda pecinta surfing atau hanya sekedar menikmati sunset, ada baiknya jika momen terbaik ini tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke pantai Lhoknga, Aceh Besar. Selain menikmati panorama laut, bisa melihat matahari terbenam di balik garis pantai di sore hari.

Lhoknga merupakan sebuah sebuah kecamatan yang berada di bawah otoritas Pemerintah Kabupaten Aceh Besar. Kawasan wisata bahari ini hanya berjarak sekitar 20 kilometer atau sekitar kurang lebih 30 menit perjalanan dari jantung kota Banda Aceh.

Seorang turis asing baru selesai surfing di pantai Lhoknga. Foto Taufik Ar Rifai
Seorang turis asing baru selesai surfing di pantai Lhoknga. Foto Taufik Ar Rifai

Objek wisata bahari yang cukup terkenal di Aceh ini menyajikan suguhan kombinasi dari keindahan laut dengan pemandangan asri. Pegunungan kapur yang hijau serta hamparan pasir putih membentang layaknya intan permata di ujung Pulau Sumatera.

Saat tsunami menghantam Aceh pada 26 Desember 2014 lalu, kawasan ini termasuk salah satu daerah terparah dihantam gelombang maha dahsyat tersebut.

Pengunjung sedang menikmati pesona sunset di Pantai Lhoknga. Foto Taufik Ar Rifai
Pengunjung sedang menikmati pesona sunset di Pantai Lhoknga. Foto Taufik Ar Rifai

Meski pernah dihancurkan tsunami, warga setempat ini perlahan-lahan mulai mengembalikan kepercayaannya kepada alam. Mereka mulai mengatasi rasa trauma mereka dan menghidupkan kembali pantai di yang menghadap ke Samudera Hindia ini. Kini, kawasan pantai Mon Ikeuen yang terletak di belakang lapangan golf ini menjadi incaran turis asing maupun lokal yang hobi berselancar atau sekedar menikmati panorama matahari terbenam.

Maka, tak heran jika kita mengunjungi Desa Mon Ikeuen ini seringkali menjumpai bule-bule asing dari berbagai belahan dunia yang hilir mudik sambil bercanda ria.

Sembari menikmati segarnya kelapa muda, pandanganku langsung tertuju ke arah segerombolan bule asing yang mondar-mandir di sepanjang jalan. Sebagian lainnya juga terlihat asyik nongkrong di cafe-cafe yang letaknya tidak jauh dari homestay.

Pantai ini memiliki bentangan pasir putih yang indah dan landai. Di siang harinya, ramai dikunjungi para peselancar air yang setia bermain dengan gulungan-gulungan ombak. Di sore harinya, para turis terlihat asyik nongkrong di sejumlah titik. Tujuannya adalah untuk melihat momen indahnya matahari terbenam.

“Indah sekali pemandangan sunset hari ini, gak berawan dan ini momen terbaik,” kata Rozi Pamela, warga Banda Aceh kepada AcehJurnal.com, Jumat (19/1l2).

Pecinta surfing sedang menjajal ombak di pantai Lhoknga. Foto Taufik Ar Rifai

Advertisement

Pecinta surfing sedang menjajal ombak di pantai Lhoknga. Foto Taufik Ar Rifai

Untuk bisa melihat pemandangan sunset yang dramatis, danjurkan agar sudah berada di pantai ini sekitar 30 menit sebelum matahari terbenam. Di kawasan ini, kita  harus benar-benar sudah berada di lokasi bila tidak ingin terlewat pemandangan dramatis dan magis yang hanya berlangsung beberapa menit.

Bila langit cerah, menjelang pukul 18.00 WIB, matahari merah membara dan besar berada tepat di atas ufuk barat di atas pegunungan bukit barisan yang berdiri kokoh.  Saat matahari perlahan terbenam dan hilang di balik garis laut, saat itulah pedaran warna merah kekuningan yang indah seakan tertelan kegelapan malam. Saat itulah momen terindah yang ditunggu-tunggu datang. Momen yang dramatis dan sangat berharga, karena hanya berlangsung beberapa menit saja. Pastikan ponsel atau kamera Anda memiliki space dan baterei yang cukup agar tidak kehilangan momen terbaik ini. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT