Sofyan Djalil Akan Tindak Tegas Mafia Tanah

JAKARTA – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), Sofyan Djalil mengakui masalah sengketa lahan dengan mafia tanah masih banyak kasus yang belum selesai. Tentu, Pemerintah sangat serius dalam menangani kasus mafia tanah.
“Saya ingin sampaikan bahwa ini upaya besar kita memberikan kepastian hukum dalam bidang tanah. Saya tahu banyak kasus yang belum selesai,” kata Sofyan di kantornya pada Senin, (18/10/2021).

Baca juga Tekait Sengketa Pembebasan Lahan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh, Tim Pansus DPRA Minta Panitia Segera Lunasi Sesuai Prosedur

Ia menyadari apabila masyarakat sudah tersangkut kasus konflik tanah apalagi dengan mafia tanah, pasti akan rumit dan penyelesaiannya juga tidak ada kepastian. Apalagi, jika kasusnya masuk ke pengadilan.
“Kalau sudah sampai sengketa, konflik apalagi terlibat mafia tanah, itu lebih rumit. Mungkin yang menjadi korban merasa ‘kok begitu aja enggak selesai’, tapi lebih rumit,” ujarnya.
Apalagi, lanjut dia, kasus sengketa tanah sudah masuk lewat pengadilan. Nah, upaya hukum melalui pengadilan ini bermacam-macam yakni tata usaha negara, perdata, dan pidana.
“Kalau yang kasus sudah bertahun-tahun banyak sekali, kasus yang sudah lama, legacy masa lalu yang baru sekarang kita buka dan kita perangi. Nah itu tidak mudah,” jelas dia.
Namun demikian, Sofyan menegaskan Pemerintah sangat serius dalam menangani kasus mafia tanah. Makanya, Kementerian BPN berkolaborasi dengan seluruh aparat penegak hukum untuk memberantas mafia tanah di Indonesia.
“Pemerintah sangat serius dalam hal ini, Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat serius dalam hal ini. Kami dan seluruh aparat penegak hukum serius di dalam mengatasi masalah mafia tanah ini,” ucapnya.
Tujuan akhirnya, kata dia, supaya kepastian hukum dalam bidang tanah hingga investor yakin melakukan investasi di Indonesia. Sehingga, orang yang punya hak tidak lagi was-was dengan tanah yang dimilikinya.
“Tujuannya orang yang punya hak bisa tidur nyenyak, tidak khawatir bahwa tanahnya nanti diserobot oleh mafia dengan berbagai praktik-praktiknya,” tegasnya. [Viva.co.id]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT