Sempat Bertahan di Meunasah, 114 Rohingya Diusir Warga di Bireuen

BIREUN | ACEHJURNAL. COM – Sebanyak 114 warga etnis Rohingya yang ditempatkan di Gampong Alue Buya Pasie Kecamatan Jangka kabupaten Bireuen diusir oleh warga setempat. Sebelumnya, pengungsi asal Myanmar ini rencananya akan dipindahkan ke Balai Latihan Kerja (BLK) Lhokseumawe. Rencananya, mereka akan ditempatkan disana untuk sementara waktu usai menjalani pemeriksaan Covid-19.
BACA JUGA : 114 Imigran Rohingya Terdampar di Bireuen Akan Dikarantina di BLK Lhokseumawe
Namun hingga saat ini, proses evakuasi etnis Rohingya tak kunjung dilakukan.
Menurut penuturan tokoh masyarakat setempat, keberadaan etnis Rohingya tersebut semakin meresahkan warga. Pasalnya, aktifitas mereka kerap membuat warga kewalahan.
“Warga disini sudah kewalahan menangani mereka (Rohingya) karena selain mereka bertahan di mushalla tempat warga beribadah. Juga tidak mampu menyediakan dana untuk mereka, ” ujar salah satu warga kepada AcehJurnal.com via telepon seluler.
BACA JUGA : 114 Imigran Rohingya Terdampar di Pantai Bireuen
Menurutnya, etnis Rohingya yang diusir warga hingga sore hari masih berkumpul di gerbang desa setempat. Selama ditampung disana, pengungsi Rohingya dikabarkan kerap membuat warga resah. Diantaranya mereka enggan menyiram usai membuang hajat. Selain itu, kawasan tempat tinggal mereka juga sudah jorok dan rentan terhadap berbagai penyakit.
“Bahkan selama dalam penampungan, mereka terkesan manja dan pernah mencoba untuk melarikan diri, ” ujarnya lagi.
Hingga saat ini, tim UNHCR sedang berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk menangani pengungsi Rohingya. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT