Presiden Minta Mensos Segera Cairkan Bansos Pada Awal Januari 2021

JAKARTA | Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Sosial Juliari Batubara agar segera menyalurkan bantuan sosial (Bansos) untuk masyarakat pada awal Januari 2021 mendatang.

“Yang berkaitan dengan bantuan sosial, ini Pak Mensos, di awal Januari 2021 juga harus segera diberikan kepada penerima manfaat, kepada masyarakat,” kata Presiden Jokowi yang diunggah pada kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Rabu (25/11).
Dalam keterangannya, Presiden Jokowi meminta para pemangku kepentingan untuk bekerja lebih cepat dan lebih ekstra. Apalagi saat ini Indonesia masih dalam kondisi krisis akibat pandemi Covid-19.

“Sudah sering saya sampaikan, semuanya harus pindah channel ke extraordinary agar program stimulus ini betul-betul bisa berdampak dan memberikan daya ungkit pada pertumbuhan ekonomi,” kata Jokowi.

Dalam upaya merespons penanganan Covid-19, Presiden Jokowi meminta agar pemerintah memfokuskan APBN tahun 2021 pada empat hal, yaitu penanganan kesehatan, perlindungan sosial, program pemulihan ekonomi, dan reformasi struktural.

Menurutnya, dalam APBN 2021, pemerintah mengalokasikan belanja negara sebesar Rp2.750 triliun atau tumbuh 0,4 persen dibandingkan alokasi belanja di APBN 2020. Alokasi ini terdiri dari belanja untuk kementerian dan lembaga sebesar Rp1.032 serta transfer ke daerah dan Dana Desa sebesar Rp795,5 triliun.

“Tentu saja lokasi belanja tersebut akan kita manfaatkan untuk mendukung pemulihan ekonomi dan prioritas pembangunan di berbagai bidang,” ujarnya lagi.

Jokowi menyebutkan anggaran di sektor kesehatan sebesar Rp169,7 triliun. Lalu sektor pendidikan Rp550 triliun, infrastruktur Rp417,4 triliun, perlindungan sosial Rp408,8 triliun, ketahanan pangan Rp99 triliun, pembangunan bidang teknologi dan informasi Rp26 triliun. [TEMPO]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT