Polemik Pilkada di Pusat, Wan Malaya Tegaskan Pilkada Aceh Tetap Dilaksanakan 2022

Banda Aceh | AcehJurnal.com – Proses tahapan pilkada yang sedang dibahas oleh Pemerintah Pusat masih simpang siur. Hingga saat ini, draf revisi Undang-Undang Pemilu sudah bergulir di Senayan. Draf ini rencananya akan menyatuhkan dua rezim terkait aturan pemilu, yakni UU No. 7  Tahun 2017 tentang Pemilu dan UU No.10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Salah satu yang menjadi sorotan utama adalah meniadakan pilkada serentak tahun 2022 dan 2023.

Menyikapi hal demikian, Ketua Partai Aceh wilayah Nagan Raya, Samsuar menegaskan bahwa pilkada di Aceh harus dilaksanakan pada tahun 2022. Hal ini sejalan dengan keputusan KIP Aceh bahwa tahapan pilkada di Aceh tetap akan dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang. Hal sebagaimana termaktub dalam Keputusan Komisi Independen Pemilihan Aceh Nomor: 1/PP.01.2-Kpt/11/Prov/I/2021 Tentang Tahapan, Prgram, dan Jadwal Pemilihan Kepala Daerah di Aceh 2022.

“Semua elemen masyarakat Aceh jangan terlalu fokus terhadap polemik yang sedang digodok di pusat. Proses tahapan Pilkada di Aceh harus sejalan dengan amanah UUPA,” kata Samsuar alias Wan Malaya kepada AcehJurnal.com pada Selasa (2/2).

Mualem Tegaskan Pilkada di Aceh Tetap Sejalan Amanah UUPA

Advertisement

Wan Malaya menjelaskan, penetapan tahapan tersebut telah sesuai dengan perintah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintahan Aceh. Secara khusus pada Pasal 66 ayat 1 yang memerintahkan bahwa tahapan dan jadwal pemilihan gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, dan wali kota/wakil wali kota ditetapkan oleh KIP. Ia berharap kepada semua elemen Aceh agar tetap mempertahankan UUPA sebagai kekhususan Aceh yang sekaligus demi menjaga marwah Aceh pasca perdamaian MoU Helsinki.

“Tapi jika berdasarkan perintah undang undang dan Qanun Pilkada Aceh, pilkada tetap harus dilaksanakan tahun 2022, dan tidak ada kata kata pilkada itu 2023 apalagi 2024” kata wan malaya.

harapan beliau seluruh elemen masyarakat untuk mempertahankan kekhususan aceh krn semua itu telah tertuang dalam UUPA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT