Paripurna Pelantikan Nova Iriansyah, Safaruddin : Butuh Proses Lama

BANDA ACEH | ACEHJURNAL.COM – Keputusan Presiden tentang pengesahan pengangkatan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh sisa jabatan telah diterima oleh DPR Aceh. Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin mengatakan, pelantikan Nova Iriansyah mengingat sisa jabatan tidaklah istimewa.

“Bagi kita, Keppres pengangaktan Nova Iriansyah itu biasa-biasa saja. Tidak ada yang istimewa,” kata Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin via telepon seluler, Selasa (20/10).

Baca : Wakil Ketua DPR Aceh : Keppres Pemberhentian Irwandi Yusuf Sudah Masuk. Tapi Tak Dapat Diproses Lagi

Politisi Partai Gerindra ini menjelaskan, DPR Aceh masih tetap menunggu dan patuh terhadap regulasi dan mekanisme pelantikan. Meski sebelumnya, wacana pelantikan Nova Iriansyah sebagai Gubernur Aceh sempat diusulkan oleh Kementerian Sekretariat Negara di Jakarta. Apapun mekanisme pelantikannya, tambahnya, DPR Aceh tetap patuh dan menerima. Sebelum pelantikan, mekanismenya akan dibawa ke rapat badan m

Advertisement

usyawarah untuk menetapkan keputusan jadwal paripuna.

“Jika merujuk kepada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh, mekanisme pelantikannya dilakukan dalam rapat paripurna DPR Aceh,” kata Safaruddin.

Baca : Safaruddin : Hak Menyatakan Pendapat Terhadap Plt Gubernur Tetap Lanjut

Safaruddin menjelaskan, usulan pelantikan Gubernur Aceh lewat paripurna DPR Aceh tersebut dijelaskan oleh salah satu pejabat di Kemendagri pada Sekretariat Negara. Pasalnya, Aceh merupakan daerah khusus yang memiliki UUPA, dimana Gubernur dilantik oleh Menteri Dalam Negeri mewakili presiden pada rapat paripurna DPR Aceh.

“OLeh karena itu, Kemendagri sedang menunggu keputusan DPR Aceh terkait pelaksanaan paripuna tersebut agar dapat disesuaikan waktunya. Namun kita belum bisa memastikan kapan Keppres itu dapat dibawa ke Banmus karena suratnya pun baru kita terima kemarin. Biasanya butuh proses lama sebab kita tunduk pada regulasi dan kita di DPR Aceh sedang menegakkan regulasi,” tambahnya. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT