Pansus DPRA Minta Gubernur Aceh Tingkatkan Sektor Pariwisata

Banda Aceh | AcehJurnal.com – Pantia Khusus (Pansus) DPRA meminta Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh terus meningkatkan sarana dan prasarana sektor pariwisata di Aceh. Salah satunya melakukan berbagai upaya dalam mendukung serta memajukan sektor pariwisata Aceh sehingga mampu memperbaiki taraf perekonomian masyarakat.

Hal ini disampaikan anggota DPRA, Sulaiman SE dalam sidang paripurna dengan agenda penyampaian dan penyerahan rekomendasi DPRA tentang Laporan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Aceh tahun 2020 di Gedung Utama DPRA, Senin (7/6/2021) lalu.

“Kita merekomendasikan kepada Gubernur Aceh agar Dinas Pariwisata Aceh secara intens melakukan koordinasi dengan Pemkab/kota se-Aceh serta instansi terkait dalam meningkatkan sarana dan prasarana sektor pariwisata di Aceh,” kata Sulaiman SE.

Baca : Sempat Tertunda, DPRA Gelar Paripurna LKPJ Gubernur Aceh Tahun 2020

Dalam sambutannya, politikus Partai Aceh ini menekan peran dan kontribusi Pemerintah Aceh dalam meningkatkan arus wisatawan ke Aceh. Diantaranya dengan cara menjaga serta melestarikan adat istiadat Aceh, meningkatkan sarana dan prasarana kebudayaan, memelihara kekayaan dan keragaman budaya, mengembangkan objek wisata serta membantu memulihkan perekonomian masyarakat, khususnya sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Baca :

Advertisement

Sekda Aceh Sampaikan Raqan Pertanggungjawaban APBA Tahun 2020

Untuk mewujudkannya, kata Sulaiman SE, perlu dibuat Qanun sebagai payung hukum terhadap tempat-tempat wisata. Selanjutnya, kepada pengelola objek wisata juga ditekankan sejumlah persyaratan untuk memberikan izin untuk membuka tempat dan objek wisata di Aceh. Menurutnya, penerapan Syariat Islam menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam pembuatan kebijakan kepariwisataan.

“Harapan kita ke depan, maju dan tumbuhnya sektor pariwisata di Aceh semakin memperbaiki taraf perekomian masyarakat. Tentu saja, sektor pariwisata di Aceh dengan konsep wisata halal,” pungkasnya. []

Advertisement


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT