Jelang HUT RI ke-76, Bendera Merah Putih Raksasa Dikabarkan di Gunong Halimon

Sigli | AcehJurnal.com – TNI dijadwalkan akan mengibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Gunong Cot Khan Halimon Kecamatan Tiro, Kabupaten Pidie. Sang saka merah putih ini akan dikabarkan pada puncak peringatan HUT Republik Indoesia ke-76, Selasa (17/8/2021).
Penerangan Kodim 0102/Pidie, Sersan Mulyono mengatakan, pengibaran bendera di lokasi bekas deklarasi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu atas inisitif masyarakat dalam rangka menyambut HUT RI ke-76.
“Ini atas permintaan masyarakat. Tidak ada simbol apapun. Prosesi pengibaran bendera raksasa itu tetap seperti tahun sebelumnya. Namun karena masih pandemi, penerapan prokes tetap diutamakan,” kata Sersan Mulyono kepada AcehJurnal.com via telepon seluler, Rabu (11/8/2021).
Baca juga : Milad ke-44 GAM dan Kisah Halimon Gunong Aulia
Perlu diketahui, Gunung Cot Khan merupakan lokasi Muhammad Hasan di Tiro mendeklarasikan Aceh Merdeka pada 4 Desember 1976. Dari sinilah Hasan Tiro pertama kali mengobarkan perang kepada Pemerintah Indonesia selama 30 tahun lebih, yang dinilai tak adil terhadap Aceh.
Advertisement

Adapun bendera merah putih yang dikibarkan dalam upacara di sana berukuran 20×25 meter. Pengibaran bendera di Gunung Cot Khan Halimon diputuskan setelah Komandan Korem Lilawangsa, berdiskusi dengan mantan petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Eks Menteri Pertahanan GAM, Zakaria Saman. Sapaan akrab Apa Karia itu kemudian mempersilakan pengibaran bendera di lokasi titik awal kebangkitan GAM itu. Lokasi pengibaran merah putih raksasa ini diperkirakan membutuhkan waktu tiga jam jalan kaki dari pemukiman Tangse.
Zakaria Saman menjelaskan, Aceh sudah kembali jadi bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia setelah perjanjian damai MoU Helsinki. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT