Irmawan Ajak Petani Kembalikan Kejayaan Sabang

SABANG | ACEHJURNAL.COM – Anggota DPR RI asal Aceh H Irmawan, melakukan kunjungan kerja perseorangan ke Kota Sabang, Rabu (20/10/2021). Kunjungan selama tiga hari, mulai 20 hingga 22 Oktober 2021 dalam berbagai kegiatan. Salah satunya beraudiensi dengan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh Ir. Ferizal.
Di kota Sabang Irmawan yang juga ketua DPW PKB Aceh turut bersilaturrahim dengan penyuluh dan petani.
Dalam sambutannya, Irmawan mengatakan dulunya merupakan sentral penghasil komoditas perkebunan. Diantaranya cengkeh, pinang, kelapa dan komoditas lainnya.
“Akan tetapi akhir-akhir ini produksi komuditas ini mulai menurun bahkan cenderung tidak terdengar sama sekali. Padahal dulu kota Sabang pernah jaya dengan komoditas perkebunan hingga menjadi magnet pedagang rempah dari seluruh penjuru dunia,” kata Irmawan.
Menurutnya, Kota Sabang merupakan salah satu daerah pemilihan dirinya dari 15 kabupaten di provinsi Aceh. Sebagai perwakilan masyarakat Sabang di Senayan, tambahnya, ia wajib memperjuangkan aspirasi masyarakat sabang terutama di sektor pertanian dan perkebunan.
“Harapan kita melalui Bimtek ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan penyuluh, petani dan stakeholder lainnya dalam memanfaatkan teknologi untuk peningkatan produksi tanaman cengkeh dan pinang yg sudah eksis di Sabang,” kata Irmawan.
Advertisement

Irmawan juga berharap kepada para peserta untuk ikut kegiatan ini dengan sungguh-sungguh agar menjadi kota sabang sebagai penghasil utama cengkeh dan komoditas perkebunan lainya di provinsi Aceh. Tak hanya itu ia juga turut eminta kepada BPTP Aceh untuk terus memberikan bimbingan dalam pengembangan pertanian di kota sabang
“Saya selaku anggota DPR RI asal Aceh berkomitmen dan bersungguh-sungguh untuk terus istiqamah memperjuangkan kepentingan masyarakat Aceh. Termasuk di dalamnya masyarakat kota Sabang,” kata Irmawan didampingi tenaga ahlinya Munawar.
Sementara itu kepala BPTP Aceh Ferizal mengatakan BPTP Aceh ingin memberikan teknologi spesifik bagi perkembangan pertanian di Sabang. Pasalnya, kota Sabang dikenal sebagai kabupaten perhasil komoditas perkebunan sebagai penopang ekonomi petani.
“BPTP Aceh akan mengintervensi petani cengkeh, kelapa, pinang dan komoditas perkebunan lainnya,” kata Ferizal. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT