Ini 10 Cara Turunkan Gula Darah Secara Alami

Jakarta – Banyak orang yang mengkhawatirkan jika terjadi kenaikan kadar gula darah. Pasalnya, kondisi ini bisa menjadi pemicu munculnya penyakit kronis diabetes.
Meskipun demikian, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan gula darah. Tidak harus langsung mengkonsumsi obat, beberapa cara alami seperti banyak air putih juga bisa bantu menurunkan gula darah. Dikutip dari Healthline, berikut cara menurunkan gula darah secara alami:
1. Berolahraga secara teratur
Olahraga berfungsi menjaga berat badan dalam kondisi ideal dan meningkatkan sensitivitas insulin sehingga gula di dalam darah akan dimanfaatkan secara maksimal oleh sel-sel tubuh. Olahraga yang dapat dilakukan seperti berlari, jalan santai, bersepeda, berenang, hingga angkat beban.
2. Kelola asupan karbohidrat
Karbohidrat merupakan sumber utama dari glukosa yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat membantu mengurangi kadar gula darah.
3. Tingkatkan asupan serat
Serat terbukti dapat memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula. Sehingga dengan konsumsi makanan tinggi serat menjadi salah satu cara menurunkan gula darah. Makanan dengan kandungan serat tinggi seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Asupan serat harian adalah sekitar 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria.
4. Banyak minum air
Minum air yang cukup juga menjadi salah satu cara menurunkan gula darah karena dapat mendorong ginjal untuk membuang kelebihan gula melalui urine. Cara ini juga sudah dibuktikan melalui penelitian, orang yang minum lebih banyak air memiliki risiko rendah gula darah tinggi.
Jenis air yang disarankan adalah minuman non-kalori seperti air putih. Sebab, minuman manis biasanya mengandung banyak gula dan malahan dapat meningkatkan gula darah dan berat badan.
Advertisement

5. Pilih makanan dengan indeks glikemik rendah
Konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah dapat membantu mengendalikan gula darah karena karbohidrat yang diubah menjadi glukosa lebih sedikit atau lambat. Berikut contoh makanan dengan indeks glikemik rendah:
  • Jeli
  • Yoghurt
  • Gandum
  • Kacang-kacangan
  • Pasta gandum
6. Kelola stres
Saat stres, hormon glukagon dan kortisol akan banyak dihasilkan. Kedua hormon ini dapat menyebabkan kadar gula darah naik. Mengelola tingkat stres bisa melalui olahraga, relaksasi, yoga, hal ini bisa menjadi cara menurunkan gula darah.
7. Pantau gula darah secara rutin
Memeriksa gula darah secara rutin setiap hari akan membantu untuk menyesuaikan jenis makanan yang dikonsumsi dan memberi tahu kapan membutuhkan bantuan obat untuk menurunkannya.
8. Tidur cukup
Kebiasaan tidur yang buruk dapat mempengaruhi kadar gula darah dan sensitivitas insulin. Kondisi ini juga memicu nafsu makan dan meningkatkan berat badan. bMaka, dengan menjaga kualitas tidur akan membantu menurunkan gula darah.
9. Konsumsi makanan kaya akan kromium dan magnesium
Kromium dan magnesium berperan dalam mengatur kadar gula darah. Kondisi gula darah tinggi dan diabetes kerap dikaitkan dengan kekurangan kedua zat mineral tersebut. Contoh makanan kaya kromium:
  • Daging
  • Buah
  • Sayuran
Contoh makanan kaya magnesium:
  • Labu
  • Pisang
  • Alpukat
10. Pertahankan berat badan ideal
Secara umum, berat badan ideal akan meningkatkan kesehatan dari seseorang. Penelitian menunjukkan bahwa pengurangan 7 persen berat badan dapat menurunkan risiko diabetes hingga 58 persen.[Detik.health]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT