Bereh! Setiap Hari Dua Turis Asing Ini Bersihkan Sampah di Pantai Lhoknga dan Lampuuk

Aceh Besar | AcehJurnal.com – Pantai Lhok Nga, Kabupaten Aceh Besar menjadi tujuan wisata peselancar dunia. Meski di tengah pandemi, tak menyurutkan Langkah turis asing untuk menjajal kepiawaiannya untuk menantang ombak. Pantai dengan pasir putih dan sinar laut berwarna biru toska tatkala diterpa cahaya matahari ini menjadi magnet masuknya arus wisatawan. Akibatnya, banyak tumpukan sampah berserakan dimana-mana.

Sampah plastik memang kerap ditemukan di bibir pantai, namun tak sedikit orang yang bergerak hatinya untuk membersihkannya. Malahan, sebagian pengunjung justru membiarkan atau merasa acuh tak acuh terhadap keberadaan tersebut. Kondisi inilah membuat hati dua turis asing ini merasa terpanggil untuk membersihkannya.

Keduanya adalah pasangan suami istri asal Swiss, yaitu Bruno Neeser (46) dan Cynthia Schmutz (40).
Sambil menikmati masa liburan, mereka  justru justru mengajak warga sekitar, khususnya anak-anak untuk ikut membersihkan sampah di bibir pantai Lhok Nga hingga Lampuuk.

Menurutnya, selain karena prihatin dengan kebersihan pantai, keduanya ingin memberi contoh kepada warga lokal untuk ikut menjaga ekosistem pantai dari bahaya sampah. Terutama untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat yang mengunjungi pantai agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Hampir setiap hari saya ajak warga disini. Terutama anak-anak, biar nanti sudah dewasa bisa memberikan contoh baik kepada teman-temannya agar peduli terhadap lingkungan,” kata Cynthia Schmutz kepada AcehJurnal.com, Jumat (2/3/2021) sore.

Setiap harinya, ia bersama suaminya membagi tugas untuk mengutip sampah plastic di bibir pantai Lhok Nga hingga Lampuuk. Sampah plastik yang berhasil dikumpulkannya itu kemudian dibagikan kepada pemulung untuk dijual kembali.

“Hanya ini yang dapat saya bantu saat disini. Walaupun agak kecil, tapi harus berdampak lebih besar. Sayang sekali melihat pantai di Aceh ini sangat indah, tapi kalau tidak dijaga lama-lama akan jorok dan turis seperti kami juga tidak mau datang lagi,” kata Cynthia lagi.[]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT