Ajak Warga Tak Kibarkan Bendera Bintang Bulan pada Milad ke-45 GAM, Humas Polda Aceh : Kita Tangani Persuasif

BANDA ACEH | ACEHJURNAL.COM – Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Aceh menghimbau masyarakat Aceh untuk terus menjaga stabilitas keamanan menjelang Milad ke-45 Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang akan diperingati pada Sabtu, (4/12/2021) besok.
Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy mengatakan, pihaknya terus melakukan langkah persuasif kepada masyarakat. Salah satunya meminta masyarakat untuk tidak mengibarkan bendera bermotifkan bintang bulan selama milad berlangsung.
“Jika ada masyarakat yang menaikkannya (bendera bulan bintang), maka kita akan melakukan langkah persuafis dan menyejukkan,” ujar Kombes Pol Winardy kepada awak media, Kamis (2/12/2021).
Baca : Jelang Milad GAM, Rocky Ajak Warga Aceh Timur Tak Naikkan Bendera Bintang Bulan
Kombes Pol Winardy menjelaskan, Kapolda Aceh Irjen Pol Drs. Ahmad Haydar dalam beberapa waktu terakhir juga melakukan pendekatan dengan sejumlah tokoh-tokoh elit GAM. Menurutnya, pihaknya terus mengedepankan dialogis dalam menyelesaikan berbagai prolema di masyarakat Aceh.
Pasalnya, ini membuktikan jika Kapolda sangat menaruh simpatik dan kecintaannya terhadap masyarakat Aceh. Pihaknya juga tidak melarang masyarakat Aceh untuk merayakan milad karena bagian dari mengenang sejarah serta diiringi doa bersama dan santunan anak yatim.
Baca : Soal Pengibaran Bendera Bintang Bulan pada Milad GAM, Azhari Cage: Itu Bendera Aceh, Bukan Milik KPA
“Pak Kapolda sayang kepada masyarakat Aceh. Pak Kapolda ingin mengabarkan untuk masyarakat luar bahwa Aceh ini aman dan warganya ramah terhadap warga luar. Malahan Bapak Kapolda juga ingin membuka pintu investasi selebar-lebarnya di Aceh,” ujar Kombes Pol Winardy.
Menurutnya, upaya penindakan hukum dan tegas merupakan jalan terakhir jika ada oknum yang sengaja mengacaukan stabilitas keamanan. Ia mencontohkan langkah restorasi justice dilakukan Kapolda Aceh terhadap empat pelaku penembakan pos polisi Panton Rheu, Kabupaten Aceh Barat.
Baca : Sempat Buron, 4 Penembak Pos Polisi Aceh Barat Menyerahkan Diri
Langkah persuasif dan sekaligus pendekatan humanis dikedepankan Kapolda Aceh terhadap empat penembak pos polisi Pantoh Rheu. Sehingga keempat pelaku secara sukarela mau menyerahkan diri serta ikut menyerahkan empat pucuk senjata api dan ratusan butir amunisi aktif.
“Saat mereka menyerahkan diri, kita jamin keamanan mereka dan tidak dilakukan penahanan. Mereka kita kembalikan kepada keluarganya masing-masing. Malahan kita sambut mereka dengan kuah beulangong dan ikut makan bersama-sama,” pungkasnya. []
Advertisement
Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT