Warga Blang Pandak Kini Sudah Terhubung Jaringan Internet

SIGLI | ACEHJURNAL.COM – Masyarakat Gampong Blang Pandak, Kecamatan Tangse, Pidie kini sudah etrhubung dengan dunia internasional. Pasalnya, desa yang terletak di kaki Gunung Halimon ini sudah memiliki akses jaringan telekomunikasi berbasis internet mulai Selasa (29/9) kemarin.

Jaringan internet ini dibangun usai Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meninjau langsung Gampong Blang Pandak, Kecamatan Tangse, Pidie pada 25 Desember 2019 lalu. Kunjungan Pemerintah Aceh tersebut menindaklanjuti keluhan masyarakat setempat. Ini juga sebagai permintaan Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud agar dibangun telekomunikasi untuk mempermudah akses komunikasi masyarakat.

Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud Ketika dikonfirmasi mengatakan, akses jaringan komunikasi sangat dibutuhkan bagi warga pedalaman Pidie untuk memperoleh informasi.
“Sebab bila jaringan telekomunikasi tidak ada, maka dipastikan birokrasi gampong lamban dan butuh biaya,” kata Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud via telepon seluler, Rabu (30/9).

Akses menuju Gampong Blang Pandak Kecamatan Tangse sebelum diaspal. Foto Taufik Ar Rifai

Advertisement

Akses menuju Gampong Blang Pandak Kecamatan Tangse sebelum diaspal. Foto Taufik Ar Rifai

Menindaklanjuti hal itu, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah langsung menginstruksikan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominsa) Aceh, Marwan Nusuf. Dalam instruksi tersebut, Plt Gubernur Aceh meminta segera menyurati Telkomsel Wilayah Sumatera dan Telkom Aceh agar bisa membuka akses jaringan telekomunikasi di Blang Pandak, Tangse.

Sementara itu, Kadiskominsa Marwan Yusuf ketika dikonfirmasi mengatakan, akses telekomunikasi berbasis internet di Gampong Blang Pandak sudah dapat dimanfaatkan masyarakat. Hanya saja, jariangan internetnya masih terbatas dikarenakan masih menggunakan Vsat atau satelit. Menurutnya, akses jaringan internet dari Kementerian Kominfo yang baru terpasang diperuntukkan bagi keperluan manajemen masjid.
“Untuk ke depannya, kita terus berkoordinasi dengan Kementerian Kominfo agar masyarakat di Gampong Blang Pandak dapat mengakses jaringan telekomunikasi lebih luas lagi,” kata Marwan Yusuf. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT