Walikota Banda Aceh Kenakan Sanksi Bagi Cafe dan Swalayan Tak Patuhi Protokoler Kesehatan

BANDA ACEH | ACEHJURNAL.COM – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman menginstruksikan agar cafe dan swalayan patuh dan disiplin menerapkan protokoler medis. Pernyataan ini disampaikan Aminullah menyikapi meningkatkan kasus positif covid-19 di kota Banda Aceh pada Selasa (4/8) lalu.

“Suasana semakin mengkhawatirkan, angka kasus positif Covid 19 di Banda Aceh terus meningkat. Mohon untuk sangat berhati-hati,” kata Aminullah Usman.

Hingga hari ini, per pukul 15.30, info dari website resmi Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, secara akumulatif di Banda Aceh ada 121 orang yang positif, sembuh 37 orang, dan meninggal 3 orang.

Dalam kesempatannya, Aminullah mengatakan, bagi warung kopi, cafe, warung nasi, restoran, dan usaha lainnya juga kembali lagi diminta untuk melaksanakan sistem take away.

“Mohon agar bisa dimaklumi bersama, kami minta masyarakat untuk melakukan gerakan ‘beli dan bawa pulang’ (take away) dengan tetap memperhatikan physical distancing,” kata Aminullah U

Advertisement

sman.

Jika tidak diindahkan oleh pemilik usaha, maka pemerintah akan menindak tegas, yaitu memberi sanksi berupa penutupan tempat usaha sementara waktu.

“Bisa kita cabut izinnya. Dan saya minta petugas Satpol PP, Polisi, dan TNI untuk mengamankan kebijakan ini,” tambahnya lagi.

Disamping itu, wali kota juga meminta warga untuk menahan diri agar tetap berada di rumah saat ini.

“Saat ini kasus penularan covid di Aceh terus meningkat tajam. Semua orang harus banyak meluangkan waktu di rumah, menjauhi kerumunan dan kurangi aktivitas ke luar rumah jika tidak perlu,” kata Aminullah Usman.

“Masih ada waktu untuk kita meminimalisir penyebaran virus ini. Dengan disiplin pakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan dengan sabun,” tambahnya lagi.

Aminullah pun berharap agar masyarakat terus bekerja sama dengan pemerintah dalam hal ini. Ia juga meminta masyarakat jujur dalam memudahkan proses tracing dari pasien positif. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT