Tragedi Tsunami pada 26 Desember, Hari Pantang Melaut Bagi Nelayan Aceh

Banda Aceh | AcehJurnal.com – Gempa berkekuatan 9,2 Skala Richter disusul gelombang tsunami pada Minggu, 26 Desember 2004 lalu menewaskan sedikitnya 200 ribu orang di Aceh. Setiap 26 Desember, masyarakat Aceh khususnya nelayan tidak melaut. Ini menjadi hari pantangan bagi nelayan Aceh untuk mencari ikan.

Momentum peringatan tsunami yang jatuh pada Sabtu (26/12) besok, menjadi tahun keenam belas pantang melaut. Mereka berhenti melaut sehari penuh untuk menggelar doa dan zikir bersama di masjid-masjid. Peringatan ini tak hanya dihadiri oleh nelayan Aceh, namun juga oleh seluruh masyarakat Aceh khususnya di wilayah pesisir.

Warga menggelar doa bersama di kuburan massal tsunami di Ulee Lheue, Banda Aceh. Foto Taufik Ar Rifai
Warga menggelar doa bersama di kuburan massal tsunami di Ulee Lheue, Banda Aceh. Foto Taufik Ar Rifai

Wakil Sekretaris Panglima Laot Aceh, Miftachuddin Cut Adek menjelaskan, penetapan tanggal 26 Desember sebagai hari pantang melaut diputuskan pada rapat y

Advertisement

ang dihadiri oleh perwakilan Panglima Laot seluruh Aceh pada tahun 2005 lalu.

“Keputusan ini dilakukan untuk mengenang dan sekaligus mendoakan para syuhada yang menjadi korban musibah gempa dan tsunami,” kata Miftachuddin Cut Adek kepada AcehJurnal.com, Rabu (23/12).

Miftachuddin menjelaskan, ada enam item yang menjadi hari pantang melaut bagi nelayan Aceh. Diantaranya hari Jumat selama sehari penuh, hari kenduri laot selama tiga hari penuh, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha selama tiga hari penuh, hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus selama sehari penuh dan pada 26 Desember sebagai peringatan gempa dan tsunami di Aceh. Bagi nelayan yang melanggar hari pantang melaut itu akan dikenakan sanksi adat.

“Sanksinya berupa kapal dan alat tangkapannya ditahan minimal selama tiga hari dan maksimal selama seminggu. Selanjutnya semua hasil melaut akan disita untuk lembaga hukum adat laot di Aceh,” pungkasnya. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT