Tertimbun Longsor, Empat Warga Tewas Saat Mendulang Emas di Geumpang

Sigli | AcehJurnal.com – Empat orang dilaporkan meninggal dunia saat sedang mendulang emas di Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie. Keempat warga asal Pidie ini dilaporkan tertimbun longsor di kawasan galian emas Alue Rhek, Gampong Bangkeh, Kecamatan Geumpang, Pidie pada Sabtu (10/7/2021).
Camat Geumpang, Bismi ketika dikonfirmasi AcehJurnal.com mengatakan, peristiwa nahas itu terjadi sekira pukul 13.00 WIB.
“Iya benar. Ada empat warga yang menjadi korban. Namun informasinya baru kita terima pada Minggu (11/7) kemarin sore,” kata Camat Geumpang, Bismi kepada AcehJurnal.com via telepon seluler, Senin (12/7/2021).
Keempat warga itu diketahui meninggal dunia saat sedang mendulang emas dalam lubang bekas galian. Keempat korban masing-masing bernama Hasbi (40), Martunis (20), Alfian (20) dan Fauzi (40).  Ditanyai kronologis kejadian, Bukhari mengaku tidak tahu secara mendetil. Pasalnya, kawasan galian emas rakyat itu berjarak sekira 21 KM dari kota Geumpang dengan jarak tempuh lima jam berjalan kaki. Usai dievakuasi petugas, keempat jenazah sempat dibawa ke Puskesmas Geumpang. Selanjutnya, keempat jenazah itu langsung dibawa ke rumah duka untuk dikebumikan.
Advertisement

Bukhari menjelaskan dirinya tidak tahu kronologis yang menyebabkan keempat warga Mane tersebut meninggal dunia. Namun dalam beberapa hari terakhir ini, kata dia, cuaca ekstrim berupa hujan lebat disertai anging acap terjadi di kawasan pegunungan tersebut.
“Tapi dalam beberapa hari terakhir, hujan lebat dan angin kencang sering terjadi dalam sepekan terakhir. Kita menghimbau kepada warga, khususnya yang sedang mendulang emas agar hati-hati mengingat cuacanya sangat ekstrim,” tambahnya.
Sementara itu, berdasarkan keterangan warga setempat, kawasan Alue Rhek dan sekitarnya terdapat banyak bekas lubang galian. Bekas lubang galian itu merupakan bekas galian alat berat jenis beko dan bekas peninggalan kolonialis Belanda. Menurutnya, bekas lubang galian itu kerap memakan korban setiap tahunnya.
“Setiap tahun ada warga yang meninggal tertimbun longsor. Apalagi saat musim hujan ini, airnya masuk ke dalam sehingga banyak warga yang jadi korban,” kata warga setempat. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT