Terlibat Perdanganan Merkuri dan Sodium Sianida Ilegal di Geumpang Pidie, Polda Aceh Periksa Lima Orang

Sigli| AcehJurnal.com – Jajaran Polda Aceh berhasil mengungkap kasus perdagangan merkuri dan sodium sianida illegal di Gampong Bangkeh, Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie. Bahan kimia yang diperjualbelikan secara ilegal ini berhasil diamankan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Aceh.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya berhasil mengungkap kasus ini berawal adanya laporan dari masyarakat.

 “Ada 30 botol bahan kimia jenis merkuri dengan berat masing-masing satu kilogram. Kemudian tiga kaleng sodium sianida dengan berat mencapai 120 kilogram. Semuanya sudah kita sita,” kata Kombes Pol Winardy pada Selasa (6/7/2021).

Advertisement

Selain menyita bahan kimia yang dianggap berbahaya bagi lingkungan, polisi turut memeriksa lima orang untuk dimintai keterangan. Setelah dimintai keterangan dari saksi, polisi dalam waktu dekat ini akan menetapkan tersangka.

“Masih kita mintai keterangan. Alat buktinya juga sudah kita sita. Dalam waktu dekat akan ada penetapan tersangka,” tambahnya.

Terkait kasus perdagangan bahan kimia illegal itu, para tersangka akan dijerat 106 jo Pasal 24 Ayat (1) UU RI Nomor 11 Tahun 2020 tentang cipta kerja perubahan atas UU RI Nomor 7 Tahun 2014 tentang perdagangan. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT