Studi Banding ke Aceh, DPRD Jawa Barat Takjub Pendidikan Dayah di Aceh

BANDA ACEH | ACEHJURNAL.COM – Dinas Pendidikan Dayah Aceh menerima audiensi anggota Pansus DPRD Jawa Barat. Kunjungan Pansus VII yang diketuai oleh Ali Rasyid diterima langsung oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Azhari di Banda Aceh, Selasa (20/10). Adapun kunjungan tersebut dalam rangka studi banding anggota Panitia Khusus (Pansus) VII DPRD Jawa Barat.

Anggota DPRD Jawa Barat, Ali Rasyid dalam mengawali sambutannya menyampaikan bahwa, Aceh yang merupakan daerah otonomi khusus menjadi pusat perhatian studi banding DPRD Jawa Barat.

“Salah satu yang menjadi semangat kami melakukan studi banding ke Aceh adalah adanya implementasi Syariat Islam. Tentu saja sejalan dengan bidang kami tentang sistem pendidikan berbasis pesantren,” kata Ali Rasyid.

Dalam sambutannya, Ali Rasyid, M.Sos mengaku bangga tentang penerapan sistem pendidikan berbasis pesantren/dayah di Provinsi Aceh. Alasan inilah yang menjadi inisiatif anggota DPRD Jawa Barat untuk saling bertukar informasi terkait sistem manajemen dan pendidikan dayah di Aceh.

Hal senada juga disampaikan Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jawa Barat, Ricky Kurniawan. Menurutnya, sistem pendidikan dayah secara eksistensinya sudah lahir sejak masa kesultanan Aceh dan turut mewarnai seluruh aspek fungsi sosial. Salah satunya adalah, terlibat dalam basis gerakan perjuangan kemerdekaan.

Dari segi literasi sejarah dan dinamika sosial, dayah selain fokus terhadap pendidikan ilmu agama dan memperbaiki akhlaq, juga ikut mengawasi proses perjalanan bangsa sesuai dengan cita-cita agama dan masyarakat secara universal. Ini juga berdampak terhadap aspek sisial budaya yang tidak terelakkan,” kata Ricky Kurniawan. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT