Sempat Berkibar di Masjid Raya Baiturrahman, Nurzahri : Secara Legalitas Sudah Sah Bendera Aceh

BANDA ACEH | ACEHJURNAL.COM – Massa dari kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) mengibarkan bendera Bulan Bintang di halaman Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Jumat (4/12). Massa yang datang dari berbagai daerah tersebut mulai memadati halaman masjid sekitar pukul 09.10 WIB.

Pantauan AcehJurnal.com, bendera Bulan Bintang tersebut sempat berkibar sekitar 15 menit dibawah pengawalan ketat personel TNI dan Polri.

Massa Kibarkan Bendera Bintang Bulan di Masjid Raya Baiturrahman

Dalam orasinya, mereka mengatakan bahwa bendera tersebut sudah sah sebagai bendera Aceh. Mereka mengibarkan bendera bulan bintang bukan sebagai lambang separatis, melainkan untuk menyampaikan aspirasi mereka. Dalam orasinya, massa meminta agar pemerintah pusat segera merealisasikan butir-butir MoU dan turunan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Undang-Undang Pemerintah Aceh (UUPA).

Salah satu politisi Partai A

Advertisement

ceh, Nurzahri saat dikonfirmasi AcehJurnal.com mengatakan, kedatangan massa tersebut untuk menyampaikan aspirasi rakyat Aceh kepada pemerintah pusat.

“Ini adalah bendera perjuangan rakyat Aceh. Secara legalitas, bendera Bintang Bulan sudah sah secara hukum dan sudah diakui, baik secara nasional maupun internasional,” kata Nurzahri.

Ia juga mengajak kepada seluruh masyarakat Aceh agar ikut mengibarkan bendera bintang bulan secara serantak pada peringatan Milad GAM yang jatuh pada 4 Desember. Pasalnya, katanya lagi, tidak ada satu institusi manapun yang berhak melarang pengibaran bendera bintang bulan tersebut.

“Bendera ini sudah sah sebagai bendera Aceh. Karena sudah disahkan dalam Qanun Aceh. Secara legalitasnya, di Aceh diatur dalam Qanun Aceh Nomor 3 Tahun 2013. Secara nasional diatur dalam UUPA dan secara Internasional diatur dalam MoU Helsinki,” ujarnya lagi. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT