Santri Dayah Pidie Dilatih Tahsin Alquran

BANDA ACEH – Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh menggelar pelatihan tahsin Alquran, Senin (20/11/2022). Acara yang dihelatkan di Hotel Grand Aceh ini berlangsung mulai Senin (20/11/2022) hingga Kamis (24/11/2022) diikuti sebanyak 85 santri dayah se Kabupaten Pidie.
Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Zahrol Fajri melalui Kabid Pembinaan Santri Irwan Jamaluddin saat membuka acara mengatakan, tujuan diadakannya program tahsin ini adalah untuk menyiapkan para guru Alquran agar memiliki bacaan yang baik. Menurutnya, pelatihan tahsin Alquran ini nantinya akan mampu memperbaiki, memperkaya dan sekaligus memperkuat penyempurnaan terkait hal-hal lafadz pengucapan huruf-huruf Alquran.
“Kita harapkan kedepannya nanti, melalui pelatihan ini para santri dayah khususnya di Kabupaten Pidie mampu menjaga lidah dari kesalahan ketika membaca Alquran dan mempelajari beberapa tajwid,” ujar Irwan Jamaluddin.
Hal senada juga disampaikan Ketua Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh, Muhammad Fadhillah, LC. Alumni Al-Azhar Cairo, Mesir ini mengatakan, tujuan dari pelatihan tahsin Alquran ini dapat memacu semangat santri dayah dalam menghafal dan mempelajari Alquran dengan baik dan benar.
Menurutnya, pelatihan tahsin Alquran yang merupakan bentuk kerjasama antara Dinas Pendidikan Dayah Aceh dengan IKAT ini diharapkan mampu melahirkan generasi Qurani dengan bacaan yang baik dan benar. Ia juga turut menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh atas terlaksananya kegiatan tersebut.
“Selain itu juga mampu menjalin ukhuwah tali silaturahim, menjaga dan sekaligus mensyiarkan Alquran sebagai pedoman dalam kehidupan kita sehari-hari, ” ucap Muhammad Fadhillah, LC []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT