RADAR Gelar Silaturrahim, Abi Muhib Ajak Ulama Dayah Isi Roda Pemerintahan

Redelong | AcehJurnal.com – Pengurus Rabithah Alumni Dayah Ruhul Fata (RADAR) menggelar silaturrahmi di Rembele Cafe, Kabupaten Bener Meriah, Jumat (10/9/2021).
Pertemuan tersebut juga menjadi ajang silaturahmi antara pengurus lintas alumni Dayah Ruhul Fata Seulimuem.
Kegiatan ini turut dihadiri oleh berbagai kalangan, diantaranya Tgk Muhibussabri A. Wahab selaku pembina RADAR, Sekjend Partai Daerah Aceh (PDA), Teungku Razuan.
Tgk Muhibussabri A. Wahab ketika dikonfirmasi mengatakan, pertemuan ini selain ajang silaturrahim juga memperkuat konsolidasi ulama dayah. Salah satunya peran dan eksistensi ulama dayah dalam pranata sosial masyarakat Aceh.
“Harapan kita ke depan, ulama dayah harus terlibat dalam sistem pemerintahan. Sehingga sistem pelayanan masyarakat Aceh yang berlandaskan Syariat Islam lebih maksimal,” kata Tgk Muhibussabri A. Wahab.
Sapan akrab Abi Muhib menjelaskan, keterlibatan ulama dayah mengisi roda pemerintah Aceh murni memperbaiki karakter masyarakat dalam tatanan sosial. Pasalnya, ulama yang didik dalam sistem pendidikan dayah bukanlah semata-mata mengejar kekuasaan, pangkat dan keagungan duniawi. Namun yang lebih utama sebagai kewajiban dan pengabdian kepada Allah.
Advertisement

Menurutnya, para teungku dayah selalu menaruh perhatian dan mengembangkan watak pendidikan individual. Murid dididik sesuai dengan kemampuan dan keterbatasan dirinya. Anak-anak yang cerdas dan memiliki kelebihan kemampuan dibandingkan yang lain, diberi perhatian istimewa dan selalu didorong untuk mengembangkan diri. Santri-santri juga diperhatikan tingkah laku dan moralnya secara teliti.
“Oleh karena itulah, dukungan masyarakat Aceh sangatlah diprioritaskan agar para ulama-ulama dayah dapat terlibat dalam roda pemerintahan dari segala bidang. Makmur dan sejahteranya masyarakat itu karena ada pemimpin yang adil dan bijaksana,” pungkasnya. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT