Polres Aceh Jaya Amankan Pasangan Nikah Liar

CALANG | Polsek Teunom Jajaran Polres Aceh Jaya mengamankan pasangan suami istri yang menikah liar di desa setempat. Kapolres Aceh Jaya, AKBP Harlan Amir melalui Kapolsek Teunom, Ipda Muhammad Alfata mengatakan, keduanya ditahan berdasarkan atas laporan suami istri masing-masing pasangan tersebut.

Kedua pasangan tersebut, yakni pria berinisial IS (25), warga Gampong Lampoh Tarom, Kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar dan wanita berinisial M (46). Warga Gampong Cot Lada, Kecamatan Bubon, Aceh Barat.

Kapolres Aceh Jaya, AKBP Harlan Amir melalui Kapolsek Teunom Ipda Muhammad Alfata di Calang, Rabu, mengatakan pasangan tersebut ditahan berdasarkan laporan suami dari istri pasangan tersebut.

“Si istri dinikahi lelaki lain tanpa izin dari suami. Suami sahnya melaporkan ke polisi karena mereka masih terikat pernikahan sah dan belum bercerai,” kata Kapolsek Teunom, Ipda M

Advertisement

uhammad Alfata dikutip ANTARA, Kamis (26/11).

Ipda Muhammad Alfata menjelaskan, keduanya telah melakukan pernikahan siri pada Selasa (6/10) lalu di Gampong Lueng Gayo, Aceh Barat. Sedangkan berdasarkan laporan kepolisian disampaikan pada 29 Oktober 2020 lalu. Dari laporan suami M bahwa, keduanya masih tercatat sebagai pasangan suami-istri sah di kantor KUA Bubon, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat.

“M dan IS juga sudah ditetapkan sebagai tersangka,” ujar Ipda Muhammad Alfata.

Menurutnya, jajaran Polsek Aceh Jaya juga sudah menyampaikan surat pemberitahuan  dimulainya penyidikan atau SPDP kepada Kejaksaan Negeri Aceh Jaya. Saat ini, kedua tersangka resmi ditahan di Mapolres Aceh Jaya. Pihak penyidik juga sudah memanggil dan sekaligus memeriksa beberapa saksi. Termasuk kadi liar, alias penghulu yang terlibat dalam pernikahan keduanya.

Keduanya dijerat Pasal 279 KUHPidana dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. [ANTARA]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT