Polisi Sita Tujuh Satwa Dilindungi Milik Bandar Sabu 200 Kg di Banda Aceh

Banda Aceh | AcehJurnal.com – Tim Satreskrim Polresta Banda Aceh berhasil menyita sebanyak tujuh satwa dilindungi dari seorang pria berinisial TJ (54). Ketujuh satwa dilindungi berbagai jenis tersebut berhasil diamankan di kediaman tersangka di Dusun Mulia, Gampong Lhoong Raya Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh pada Rabu (13/1/2021).

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Joko Krisdianto mengatakan, ketujuh koleksi satwa dilindungi tersebut diamankan sekira pukul 16.30 WIB.

“Tersangka TJ yang juga pemilik satwa tersebut sedang manjalani proses hukum terkait tindak pidana narkotika jenis sabu,” kata Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Joko Krisdianto kepada awak media, Kamis (14/1/2021).

Menurutnya, tersangka TJ ditangkap tim Badan Narkotika Nasional (BNN) pada Desember 2020 l

Advertisement

alu di kawasan Gampong Jawa, Kecamatan Kuta Raja, Banda Aceh. Usai ditangkap, tersangka langsung dibawa ke BNN pusat untuk menjalani proses hukum.

Adapun ketujuh satwa yang berhasil disita petugas, yakni satu ekor macan kumbang yang sudah diawetkan, satu ekor macam tutul yang sudah diawetkan, satu ekor burung cenderawasih yang sufa diawetkan, satu ekor burung merak dan dua ekor burung kaka tua jambul kuning.

Saat ini, ketujuh barang bukti telah diamankan di Mapolresta Banda Aceh untuk proses penyelidikan lebih lanjut. Tersangka dijerat Pasal 21 ayat (2) jo Pasal 40 ayat (2) Undang-Undang Nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda Rp 100 juta. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT