Petisi Tolak Tambang Emas Linge Muncul di Change.Org

TAKENGON | ACEHJURNAL. COM – Sebuah petisi yang mengatasnamakan Gerakan Save Linge Antara menolak kehadiran tambang di Linge secara online. Petisi ini ditujukan langsung kepada Presiden Joko Widodo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Burbaya Abubakar, M.Sc dan Ketua dan Para Wakil Ketua DPR RI.
Berikut isi petisi tersebut :
Kalau kamu suka minum kopi Gayo, ada kabar buruk, nih. Kebun kopi Gayo kami, terancam hilang karena mau dijadikan tambang emas.
Kami adalah warga yang tinggal di Linge, Aceh Tengah. Daerah kami akan dijadikan tambang emas oleh PT Linge Mineral Resources (LMR). Tambang ini akan membabat beberapa daerah di ekosistem Leuser yang merupakan salah satu paru-paru dunia.
Dari awal ada ide mau dibuat tambang, kami sudah menolaknya. Gimana enggak, bukannya memberikan manfaat, tambang ini justru bakal beri banyak masalah. Lingkungan dan kehidupan kami dirusak, dokumen perizinan juga gak transparan ke masyarakat.
Kami di sini banyak yang merupakan petani kopi. Bagi kami, kopi Gayo ini adalah ‘emas merah’ yang benar-benar bisa menguntungkan semua pihak. Kalau tambang emas, yang untung siapa? Ya perusahaan.
Di daerah, kami sudah bersuara habis-habisan, namun masih belum didengar. Itulah mengapa kami buat petisi ini. Kami ingin kumpulkan dukungan dari masyarakat untuk tolak tambang emas di Linge.
Dengan mendukung petisi ini, teman-teman tidak hanya menolak tambang, tapi juga mendukung pelestarian lingkungan bebas dari pembabatan hutan yang bikin krisis iklim, serta mendukung para petani kopi Gayo.
Sudah terlalu banyak daerah rakyat dan lingkungan yang harus hancur karena mau dirusak jadi tambang. Mari kita sama-sama selamatkan Linge.
Foto : Junaidi Hanafiah/Mongabay []
Advertisement
Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT