Perpres Pendanaan Pesantren Lahir, GPK Apresiasi PPP

JAKARTA | ACEHJURNAL.COM – Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaran Pesantren. Ditandatanganinya Perpres ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan pesantren.

Perpres ini menghadirkan landasan hukum bagi Pemerintah daerah untuk mengalokasikan anggaran untuk mendukung peningkatan kualitas Pendidikan pesantren.

Penyusunan Perpres ini dilakukan oleh Kemenag dengan melibatkan berbagai pihak, berbagai stakeholder pesantren, termasuk Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Lahirnya Perpres ini diapresiasi oleh Wasekjen DPP Gerakan Pemuda Ka’Bah (GPK), M. Indra Rajab Hasibuan. “Akhirnya konsistensi P

Advertisement

PP mendorong terbitnya Perpres ini akhirnya berbuah hasil” ujar Indra.

Terbitnya Perpres 82 Tahun 2021 ini menjawab ketimpangan antara Pendidikan Umm dan Pendidikan Pesantren

Karena itu tidak ada alasan lagi bagi Pemerintah Daerah untuk tidak mengalokasikan anggaran bagi pesantren.

“Sesuai dengan pasal 31 ayat (1) dan ayat (2) menyatakan setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya. Karena itu sudah sepatutnya Pemerintah wajib menangung semua beban biaya Pendidikan, termasuk biaya pendidikan pesantren yang seringkali dipandang sebagai pendidikan non-formal” pungkasnya. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT