Ngaku TNI Berpangkat Letkol, Pelaku Tipu Korban Ratusan Juta di Aceh

BANDA ACEH | Jajaran Polda Aceh membekuk dua pelaku terduga kasus tindak pidana penipuan wilayah hukum Polda Aceh. Dalam menjalankan aksinya, modus kedua pelaku menjanjikan masuk dan lulus menjadi anggota polisi dengan syarat memberikan uang hingga ratusan juta.

Adapun kedua pelaku yakni, NZ (55) dan AA (44). Dalam menjalankan aksinya, pelaku NZ mengaku sebagai anggota TNI berpangkat Letnan Kolonel (Letkol). NZ mengaku bisa mengurus bintara Polri dengan meminta sejumlah uang kepada korban. Sementara AA bertugas menmgenalkan korban kepada NZ dan meyakinkan korban.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Ery Apriyono mengatakan, keduanya mulai terlibat dalam kasus penipuan sejak akhir 2017 lalu.

“NZ mengaku sebagai anggota TNI berpangkat Letnan Kolonel, sedangkan tersangka AA membantu mengenalkan korban kepada NZ serta m

Advertisement

eyakinkan korban,” kata Kombes Pol Ery Apriyono pada konferensi pers di Mapolda Aceh, Selasa (2/12).

Kasus ini berawal pada 15 Desember 2017 lalu dimana korban bernama Suwandi dipertemukan oleh AA dengan tersangka NZ. Di hadapan korban, NZ mengaku bisa mengurus kelulusan anak korban untuk menjadi anggota Polri dengan syarat memberikan uang sebesar Rp 170 Juta.
“Anak korban kemudian tidak lulus menjadi anggota polri dan korban merasa telah ditipu oleh tersangka serta melaporkan ke polisi,” ujarnya.
Setelah menerima laporan pihak kepolisian langsung memburu pelaku. Salah satu pelaku ditangkap di Sumatera Utara.
“Kedua tersangka saat ini sudah ditangkap. Tersangka NZ ditangkap di Tebing Tinggi, Sumut dan tersangka AA ditangkap di tempat kerjanya di Lampaseh Kota, Kota Banda Aceh,” pungkasnya. [TAGAR.ID].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT