New Safari Ramadhan Pemerintah Aceh, Dinas Dayah Gencarkan BEREH Mesjid Di Aceh Tamiang

Kuala Simpang | AcehJurnal.com – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah, Pemerintah Aceh melaksanakan program new safari ramadhan. Kegiatan yang mengusung tema Gerakan BEREH (Bersih Rapi Estetika dan Hijau) Mesjid dan GESID (Gerakan Vaksinasi Covid 19) Aceh di 54 Mesjid pada 23 Kabupaten dan Kota se-Aceh.

Dinas Pendidikan Dayah Aceh yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Zahrol Fajri pada Jumat (09/04) melakukan gotong royong bersama di Mesjid Al-Ikhas Desa Tanah Terbang Kecamatan Karang Baru Aceh Tamiang.

Turut hadir camat Karang Baru, Kepala Puskesmas Karang Baru, Kepala SMA 1 Karang Baru, Kepala Desa Tanah Terban, Pengurus Mesjid dan Masyarakat setempat.

Kadisdik Dayah Aceh Zahrol Fajri menyampaikan salam dari Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan Sekda Aceh, dr Taqwallah kepada warga masyarakat desa Tanah Terban. Menurutnya, gerakan Bersih Rapi Estetika dan Hijau di Mesjid ini merupakan program menyambut bulan suci Ramadhan.

Tujuannya agar mesjid yang akan kita gunakan untuk beribadah pada bulan Ramadhan nanti menjadi nyaman untuk digunakan.

“Tempat ibadah harus bersih dan nyaman untuk digunakan, agar kita khusyuk dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT,” ujar Zahrol mengutip pesan Sekda Aceh dr Taqwallah.

Di s

Advertisement

amping itu, gerakan New safari Ramadhan ini agak berbeda dengan safari Ramadhan sebelumnya. Dalam safari ramadhan kali ini, setiap Unit SKPA diminta untuk ikut bersama-sama membersihkan mesjid. Diantaranta melakukan penghijauan, menata taman dan membuat lingkungan mesjid indah dipandang mata.

Pada kesempatan, pihaknya juga membantu sejumlah peralatan kebersihan seperti sapu, alat pel, tong sampah, karpet, cat, tanaman dalam pot dan lain-lain yang dalam hal ini mendukung aksi BEREH.

“Insya Allah pada 5 Ramadhan nanti kami akan kembali ke masjid ini dan akan melaksanakan Shalat tarawih bersama dengan masyarakat dan ikut serta membawa penceramah dari Provinsi Aceh,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pembangunan Mesjid Al-Ikhlas Mukhlis menyambut baik Gerakan BEREH masjid tersebut.

“Kami sangat senang ketika Pemerintah Aceh sangat peduli terhadap kebersihan mesjid masyarakatnya, ada sisi perhatian lebih kepada kami, maka kami mengucapkan banyak terimakasih kepada pencetus program Gerakan BEREH Mesjid ini,” ujar Mukhlis.

Ia mengaku bahagia bahwa masjid desanya menjadi salah satu masjid yang dipilih oleh pemerintah Aceh.

“Kami merasa bahagia, saya langsung mengumumkan kepada masyarakat untuk ikut bersama-sama membersihkan lingkungan mesjid kita yang memang saat ini sedang melakukan rehab besar-besaran,” ujar Mukhlis. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT