Mubahasah Bahtsul Masail Ulama Dayah Ditutup, Kadis Dayah Aceh : Berimplikasi Untuk Ummat

BandaAceh | AcehJurnal.com – Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Zahrol Fajri pada Minggu (14/03) resmi menutup acara forum Mubahasah Bahtsul Masail Ulama Dayah Aceh. Acara ini digelar beberapa hari yang lalu di Hotel Mekkah Banda Aceh.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Zahrol Fajri dalam sambutannya merasa bangga dan mengucapkan terimakasih kepada segenap ulama-ulama dayah peserta forum Mubahasah Bahtsul Masail. Menurutnya, para peserta telah mencurahkan perhatiannya siang dan malam untuk berdiskusi dan bertukar pendapat dalam merumuskan suatu keputusan bagi ymmat. Sehingga sesuai dengan tuntunan syariat Allah.

“Kedepannya akan kita perjuangkan kegiatan-kegiatan positif yang berimplikasi besar terhadap ummat, seperti forum Bahtsul Masail ini,” kata Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Zahrol Fajri.

Menurutnya tahun-tahun berikut kegiatan seperti ini akan tetap dipertahankan. Mantan Kepala Biro Isra Setda Aceh ini meminta dukungan para ulama bahwa bantuan ke dayah tidak hanya dalam bentuk fisik (bangunan) saja. Melainkan juga lebih kepada pembangunan Sumber Daya Manusia Dayah, bantuan ekonomi Dayah dan bantuan untuk pendalaman skill atau ketrampilan santri dayah.

Selanjutnya, Dosen IAI Al-Aziziyah Samalanga Dr Tgk Helmi Imran MA yang mewakili 75 orang peserta Bahtsul Masail Ulama Dayah memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dinas Pendidikan Dayah Aceh yang telah memfasilitasi kegiatan yang sangat mulia ini.

Advertisement

Sosok yang akrab disapa Aba Nisam ini mengatakan bahwa forum Bahtsul Masail ini merupakan ajang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) insan Dayah.

“Kami merasa sangat senang dan cukup menikmati, karena acara ini begitu mengalir, tidak monoton, ilmiah dan dinamika berjalan dengan baik,” kata Aba Nisam.

Aba Nisam menceritakan forum ini berjalan dengan sangat terbuka dalam berdiskusi mengenai permasalahan yang aktual saat ini. Ia berharap forum Bahtsul Masail ini menjadi agenda tahunan Dinas Pendidikan Dayah Aceh karena kami rasa sangat penting adanya dan sangat bermanfaat bagi ummat.

Terakhir, guru Dayah MUDI Mesra Samalanga ini sangat mengharapkan dukungan dari Pemerintah Aceh terhadap kegiatan-kegiatan Bahtsul Masail.

“Bahtsul Masail ini merupakan suatu ajang meningkatkan SDM ulama Dayah, bantuan kepada Dayah tidak hanya melulu pembangunan fisik dayah saja, tapi juga pembangunan SDMnya,” pungkasnya.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT