Mortir Diduga Sisa Konflik Ditemukan di Aceh Timur

IDI RAYEUK | Sebuah mortir aktif ditemukan dalam parit jalan di Gampong Jawa, Kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur, Jumat (20/11). Mortir yang diperkirakan peninggalan sisa konflik Aceh ditemukan sekira pukul 09.20 WIB. Hingga saat ini, belum diketahui jenis mortir berbentuk lonjong dan berbobot 5 kilogram.

Dilansir WASPADA, motir aktif dengan panjang sekitar 25 cm awalnya ditemukan oleh seorang buruh saat menggali tanah pembangunan parit. Tiba-tiba saat menggali parit tersentuh besi berkarat, sejumlah buruh kemudian memutuskan untuk mengangkat bahan dan membersihkannya. Sepintas terlihat seperti bahan peledak, warga kemudian segera melaporkan perihal penemuan bahan peledak ke perangkat gampong dan diteruskan ke pihak kepolisian.

Agar tidak terjadi ledakan di tengah pemukiman warga, mortir itu merupakan penemuan k

Advertisement

eempat di lokasi bersamaan dipindahkan ke Satuan Brimob Kompi 2 Batalyon Langsa. Menurut pengakuan warga,temuan serupa sebelumnya juga pernah ditemukan di lokasi yang sama. Mortir itu diperkirakan berasal dari lokasi tanah yang berada di belakang pendopo Bupati Aceh Timur.

Kapolres Aceh Timur, AKBP Eko Widiantoro ketika dikonfirmasi membenarkan penemuan tersebut.

“Iya benar, kita sudah mendapatkan informasi adanya temuan mortir,” kata Kapolres Aceh Timur, AKBP Eko Widiantoro kepada WASPADA.

Guna mengantisipasi terjadinya ledakan di pemukiman warga, mortir tersebut telah dipindahkan ke Kompi 2 Batalyon B Aramiah Langsa. Menurutnya, pihaknya telah berkoordinasi dengan tim Jihandak untuk memindahkan bahan peledak diduga sisa konflik tersebut. Ia berharap kepada masyarakat agar segera melapor ke polisi terdekat jika mendapat benda-benda mencurigakan. [WASPADA]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT