Modus Janjikan Proyek, Pria asal Aceh Timur Diringkus Polisi

BANDA ACEH | ACEHJURNAL.COM – Seorang pria berinsial SAI (49) terpaksa meringkul di sel tahanan Polresta Banda Aceh. Warga Aceh ini diduga telah melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan terhadap Amir Hamzah (49), warga Aceh Timur.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Joko Krisdiyanto, SIK melalui Kasatreskrim AKP Ryan Citra Yudha, SIK mengatakan, pelaku ditangkap di kawasan Aceh Utara pada Senin (25/10/2021).

“Pelaku kita tangkap berdasarkan laporan korban dengan Laporan Polisi nomor LPB / 128 / III / YAN.25 / 2021/SPKT tanggal 25 Maret 2021,” kata Kasatreskrim AKP Ryan Citra Yudha, SIK dalam keterangannya, Senin (25/10/2021).

Adapun modus kejahatan pelaku adalah menjanjikan sebuah proyek kepada korban. Caranya dengan memperlihatkan list kemenangan tender Rehabilitasi Sarana dan Prasarana JIAT di wilayah Meulaboh, Aceh Barat di Caffe Romen, Banda Aceh pada 25 Maret 2021 lalu.

Kepada korban, pelaku sempat memperlihatkan list proyek yang dimenangkan olehnya. Ia berjanji kepada korban untuk memberikan pekerjaan tersebut asalkan harus menyerahkan sejumlah uang terlebih dahulu.

“Proyek itu akan diberikan kepada korban dengan catatan harus membayar uang modal pengurusan tender tersebut dengan jumlah Rp 81,5 juta,” sebut AKP Ryan.

Advertisement

Tanpa menaruh curiga, korban kemudian menyerahkan uang kepada pelaku. Setelah uangnya diberikan, ternyata pelaku dikabarkan sudah menghilang.

Korban lalu mengecek pekerjaan tersebut di website LPSE Banda Aceh. Ternyata pekerjaan tersebut sudah dikerjakan oleh pihak lainnya. Korban lantas menanyakan perihal kejadian kepada pelaku. Korban pun meminta uang kembaliannya dari pelaku.

“Pelaku pun menyerahkan satu lembar cek dari BNI dengan tulisan angka sejumlah Rp 81,5 juta. Namun setelah dilakukan pencairan oleh korban, pihak Bank menyatakan bahwa cek tersebut kosong,” tambahnya.

Karena merasa dirugikan, korban langsung melapor perihal kejadian ke Polresta Banda Aceh.Seiring perjalanan penyidikan dan penyelidikan, Personel Unit Jatanras dan Unit Pidana Umum Satreskrim Polresta Banda Aceh berhasil membekuk pelaku SAI di Gampong Aron, Aceh Utara.

“Saat ini pelaku telah menjalani pemeriksaan intensif di Polresta Banda Aceh. Saat ini pelaku sedang dilakukan pemeriksaan terkait kasus yang diterapkan dengan Pasal 378 jo 372 KUHP,” pungkas mantan Kasatreskrim Polres Aceh Tamiang ini. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT