Meet Up dengan Denny Herliyanso : Fotografer Aceh Harus Bangkit!

BANDA ACEH | ACEHJURNAL.COM – “Kamu sehebat apapun jadi fotografer kalau tanpa jaringan luas, dipastikan karirmu akan diam di tempat dan semakin tenggelam,” kata Denny Herliyanso saat mengawali obrolan santai bersama komunitas fotografer di Banda Aceh, Minggu (22/5/2022) malam.

Sembari menyeruput sanger dan kopi arabica khas Tanoh Gayo, fotografer senior majalah FEMINA Group Jakarta banyak membicarakan isu kekinian soal dunia fotografi.

Baginya, fotografi sejatinya adalah sebuah proses untuk berkomunikasi, menyampaikan gagasan, isu serta opini personal si fotografer. Pasalnya, Aceh yang notabenenya dikenal sebagai Bumi Serambi Mekkah menjadi dayatarik sendiri baginya untuk mempromosikannya ke dunia luar.

Oleh karena itu, para fotografer professional di Aceh juga harus saling bergandengan tangan untuk menciptakan karya-karya terbaik mereka.

“Disini kita membicarakan dunia fotografi secara umum, artinya semua fotografer lintas genre khususnya di Aceh harus kompak dan bersatu. Jangan terkotak-kotak,” kata Denny Herliyanso.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, katanya, fotografi berubah menjadi sebuah hal yang sangat menantang. Tak hanya sekedar mengatur fokus dan memotret, tapi juga mampu menciptakan hasil kreatifitas dan inovatif. Sehingga kemampuan si fotografer semakin terasah dan mampu beradaptasi seiring perkembangan zaman.

“Konsep kreatifitas dan segala sesuatu yang berhubungan dengan pengkaryaan ini seharusnya dipikirkan secara matang oleh para fotografer professional,” sebut Denny.

Denny juga banyak menaruh harapan agar para komunitas fotografer Aceh ini bangkit. Menurutnya, hasil bidikan terbaik fotografer professional Aceh seharusnya tak hanya dikenal di tingkat Aceh, tapi juga harus masuk ke kancah nasional maupun internasional.

“Jujur saja, saya sering memantau medsos-medsosnya fotografer Aceh. Hasilnya bagus-bagus semua. Saya ingin nantinya, hasil karya mereka muncul di tingkat nasional. Misalnya nanti kita lihat foto ini hasil karya si A dari Aceh, ini kan sebuah kebanggaan sendiri. Inilah yang jadi batu loncatan kita untuk bersaing di kancah nasional,” pungkasnya. []

Advertisement
Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT