Kepala BI Aceh: Tidak Ada Pemindahan Dana Perbankan ke Luar Aceh

BANDA ACEH | ACEHJURNAL.COM Kepala Bank Indonesia cabang Aceh Zainal Arifin Lubis menyatakan paska disahkannya Qanun LKS hingga kini tidak ada pemindahan dana yang ke luar dari Aceh dan tidak terjadi penurunan signifikan atas pembiayaan, seperti yang dikhawatirkan selama ini.

Hal tersebut disampaikan ketika membuka Webinar bertajuk Strategi Akselerasi Ekonomi dan Keuangan di Aceh yang diinisiasi oleh Bank Indonesia cabang Sumatera Barat, Rabu (16/9).

“Sejak disahkannya Qanun hingga kini, tidak ada pemindahan uang ke luar Aceh, pembiayaan relatif meningkat walaupun sedikit. Bahkan pembiayan pihak ketiga terus meningkat. Terutama di pembiayaan di skala mikro. Oleh karena itu, ini m

Advertisement

enjadi tantangan ke depan. Dan kalau ini berhasil, daerah lain bisa mengambil pelajaran dari contoh Aceh,” jelas Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Aceh itu.

Zainal menyatakan, Bank Indonesia bersama stakehokder telah menyiapkan draft master plan program akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Aceh.

Ia juga menyatakan bahwa pemberlakuan Qanun ini merupakan momentum besar bagi Aceh dalam keuangan syariah. Untuk itu lembaga pebankan yang ada di Aceh perlu menjawab tantangan yang ada dengan memberikan layanan perbankan yang baik. Pemerintah, praktisi dan akademisi dituntut untuk bekerja secara sinergi dalam mendorong kemajuan sistem keuangan syariah di Aceh.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT