Jelang Idul Adha, Sulaiman SE Minta Pemerintah Aceh Cepat Atasi PMK pada Ternak

BANDA ACEH | ACEHJURNAL.COM – Anggota DPR Aceh dari Fraksi Partai Aceh, Sulaiman SE mengingatkan agar pemerintah Aceh lebih memperhatikan permasalahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK). Ini karenakan wabah PMK terus meluas terhadap hewan ternak yang telah bermunculan di sejumlah daerah di Provinsi Aceh.
“Bila PMK ini tidak segera dituntaskan, maka akan berdampak terhadap rantai pasokan daging. Apalagi saat menghadapi hari raya Idul Adha, ” ujar Sulaiman SE kepada AcehJurnal.com, Jumat (20/5/2022).
BACA JUGA : PKM Meluas, Peternak di Aceh Besar Jual Murah Sapinya Rp2 Juta per Ekor
Sulaiman SE menegaskan, Pemerintah Aceh juga harus memperhatikan kegelisahan peternak yang daerahnya belum ada penyebaran wabah PMK. Ia turut mendorong Pemerintah Aceh bekerja sama dengan Pemkab/Pemkot dalam melakukan antisipasi. Terlebih lagi ditemukannya wabah PMK pada sejumlah ternak milik di kawasan Lamlhom dan Lampuuk Kabupaten Aceh Besar.
“Bahkan kita dengar ada warga yang terpaksa menjual ternaknya dengan harga murah, yaitu mulai Rp2 Juta hingga Rp4 Juta dari harga normal, yaitu Rp15 Juta per ekornya, ” ujar Sulaiman SE.
Selain itu, ia juga meminta atensi penuh pemerintah untuk mendengarkan aspirasi peternak. Ia menegaskan DPR akan terus memantau dan terlibat dalam penanganan PMK.
Jika pengendalian PMK tak dilakukan dengan baik, sambungnya, nasib peternak akan terpuruk dan pastinya akan mengganggu rantai pasok daging yang ujungnya berpengaruh kepada masyarakat.
“Kita juga ingin nantinya memastikan stok hewan ternak untuk keperluan kurban pada Idul Adha ini aman. Harapan kita wabah PMK ini segera teratasi dengan cepat. Oleh karena itulah, butuh dukungan dari seluruh stakeholder, ” pungkasnya. [Parlementaria]
Advertisement
Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT