Ini Link Live Streaming Gerhana Matahari Cincin 10 Juni 2021

Jakarta – Fenomena astronomi Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan terjadi pada Kamis (10/6/2021). Akan tetapi, peneliti di Pussainsa Lapan Andi Pangerang mengatakan, fenomena tersebut tidak bisa disaksikan secara langsung dari Indonesia. “Gerhana Matahari Cincin kali ini tidak bisa disaksikan di Indonesia. Bahkan, tidak mengalami Gerhana Matahari sebagian juga,” kata Andi pada Sabtu (5/6/2021).

Wilayah yang dapat menyaksikan GMC dapat disaksikan dari wilayah Pulau Ellesmere dan Baffin, Kanada, serta kawasan Siberia, Rusia. Terima kasih telah membaca Kompas.com. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email GMC akan mencapai ketampakan maksimum pada pukul 17.43 WIB. Untuk wilayah Greenland, Islandia, Eropa, Rusia, Asia Tengah, dan China bagian barat, akan kebagian menyaksikan fenomen Gerhana Matahari Sebagian (GMS).

Live streaming GMC Kendati tidak dapat disaksikan secara langsung dari Indonesia, namun fenomena astronomi GMC masih dapat disaksikan secara live streaming. Sejumlah situs menyediakan program live streaming pengamatan GMC, yang akan terjadi pada Kamis (10/6/2021).

Berikut linknya:

1. Time and Date Solar Eclipse Live Stream – June 10, 2021

Advertisement

2. Virtual Telescope – 10 June 2021 Annular Solar Eclipse

3. Cosmo Sapiens – Solar Eclipse 2021: Live stream of June 10 Annular Solar Eclipse

Andi mengatakan, GMC tidak dapat disaksikan dari wilayah Indonesia karena bayangan penumbra Bulan yang jatuh di permukaan Bumi tidak melalui Indonesia. Dia mengatakan, karena Indonesia tidak terkena bayangan penumbra Bulan, maka Bulan tidak akan menutupi Matahari.

“Sehingga, matahari akan terlihat sebagaimana biasanya ketika tidak terjadi gerhana,” kata dia. Andi mengungkapkan, tahun ini tidak ada Gerhana Matahari Cincin lainnya yang bisa disaksikan dari Indonesia. [Kompas.com]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT