IDI Ingatkan Waspada Lonjakan Covid-19 Gelombang Kedua di Aceh

BANDA ACEH | Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh mengingatkan warga provinsi setempat terkait potensi gelombang kedua lonjakan kasus COVID-19, meskipun kondisi terkini penambahan kasus positif baru di Aceh mulai menurun.

“Fase pertama ini kita sudah mulai turun, tetapi hati-hati gelombang kedua,” kata Ketua IDI Aceh dr Safrizal Rahman di Banda Aceh, Senin (9/11).

Dia menyebutkan penambahan kasus positif baru di Aceh memang telah menurun. Begitu juga dengan angka kematian sekaligus jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit rujukan COVID-19.

Selama beberapa pekan terakhir, warga yang dilaporkan meninggal dunia karena COVID-19 juga sudah jarang terdengar. Jikapun ada, kata Safrizal, hanya satu orang dalam jangka waktu sepekan.

“Kalau ada, sekitar 3-4 hari satu orang meninggal dunia, atau seminggu sekali satu orang, jadi jauh sekali turun (angka kematian),” katanya, dibandingkan selama ini yang jauh lebih tinggi.

Ia m

Advertisement

enjelaskan saat ini Indonesia menggunakan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) tentang pedoman dan pengendalian COVID-19 revisi ke lima.

Dalam PMK revisi ke lima itu, jumlah pemeriksaan COVID-19 juga telah dikurangi. Artinya warga yang dites COVID-19 tidak banyak lagi, hanya khusus bagi yang memiliki gejala.

Menurut Safizal, meskipun kasus COVID-19 di Aceh mulai menurun, namun warga tetap diminta tidak merenggangkan penerapan protokol kesehatan, sebagai upaya untuk mengantisipasi lonjakan kasus gelombang kedua.

“Ya kalau kita lihat Jakarta dulu pernah sudah turun, tiba-tiba naik lagi kasusnya. Banyak di kota-kota besar yang mengalami seperti itu,” katanya, yang juga mengingatkan 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Secara akumulatif, kasus COVID-19 di Aceh telah mencapai 7.687 orang, diantaranya yang sedang dalam perawatan sebanyak 1.296 orang, pasien telah sembuh 6.109 orang, dan yang meninggal dunia 282 orang.[ANTARA]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT