Hilang Saat Konflik, Tulang Belulang Kombatan GAM Lhok Tapak Ditemukan

TAPAKTUAN | ACEHJURNAL.COM – Warga Gampong Pinto Rimba Kecamatan Trumon Timor, Aceh Selatan digegerkan dengan penemuan kerangka manusia, Senin (25/11/2021). Penemuan kerangka manusia itu ditemukan sejumlah warga saat sedang membersihkan kebun kelapa sawit sekira pukul 09.00 WIB.
Kerangka manusia itu kemudian terindentifikasi bernama Zainal (19), warga Gampong Ie Jeureuneh Kecamatan Trumon Tengah, Aceh Selatan. Saat berkecamuk di Aceh, almarhum tercatat sebagai kombatan GAM sagoe Trumon Wilayah Lhok Tapan Tuan.
“Ya, tapi saat beberapa orang ibu-ibu sedang membersihkan kebun kelapa sawit tiba-tiba menemukan kerangka manusia,” kata Imran, warga setempat kepada AcehJurnal.com via telepon seluler.
Usai menemukan tulang belulang itu, mereka langsung melapor ke perangkat desa dan lalu diteruskan ke Polsek Trumon. Menurut keterangan keluarganya, almarhum dikabarkan hilang sejak awal 2004 lalu. Menurut pengakuan rekan sesama kombatan GAM, almarhum terakhir terlibat kontak tembak dengan pasukan TNI di kawasan tersebut.
Advertisement

“Saat kejadian, almarhum terkena tembakan dan berhasil melarikan diri dan tanpa ada kabar apapun. Dan kini almarhum ditemukan sudah meninggal dunia,” kata Imran.
Selain itu, warga juga sempat menemukan sejumlah tulang belulang lainnya di kawasan kebun jagung desa setempat. Warga menduga, masih ada tulang belulang korban konflik lainnya yang masih terkubur.
Saat ini, tulang belulang korban telah diserahkan ke pihak keluarganya untuk dilakukukan fardhu kifayah dan dikebumikan di pemakaman Umum Gampong Jambo Papeun Kecamatan Trumon Tengah, Aceh Selatan. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT