Harga Daging Meugang di Banda Aceh Tembus Rp 170 Ribu per Kilogram

Banda Aceh | AcehJurnal.com – Harga daging “meugang” menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah di kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh mengalami kenaikan.

Harga daging sapi pada hari “meugang” (tradisi penyembelihan hewan ternak menjelang hari raya) Idul Adha 1442 Hijriah di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar mengalami kenaikan berkisar Rp20 ribu hingga Rp30 ribu per kilogram dibandingkan hari biasanya.

Meski sedang dalam gempuran wabah Covid-19, lapak-lapak yang menyediakan daging sapi dan kerbau mulai tumbuh di sejumlah lokasi di dua daerah tersebut. Hal ini untuk menyambut tradisi bersantap daging bersama keluarga pada Hari Raya Idul Adha atau lebaran haji.

Adapun kawasan yang menjual lapak daging antara lain Kawasan Ulee Kareng, L

Advertisement

ambaro, Keutapang, Peukan Bada, Pasar Sibreh dan sejumlah kawasan lainnya.

Basri (42), warga Gampong Pango Raya Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh kepada AcehJurnal.com mengaku, harga daging sapi pada hari biasanya berkisar Rp 130 Ribu hingga Rp 140 Ribu Per Kilogram. Namun kini, harga daging berkisar antara Rp 150 Ribu hingga Rp 170 Ribu per kilogram.

“Rata-rata, harga daging hari ini dan besok bisa naik Rp 170 per kilogram,” kata Basri kepada AcehJurnal.com, Minggu (18/7/2021).

Hal senada juga disampaikan Asnawi (35), pedagang daging di kawasan Sibreh, Aceh Besar. Menurutnya, tingkat permintaan daging sapi dan kerbau untuk kebutuhan lebaran Haji relatif menurun dari tahun-tahun sebelumnya.

“Jika dibandingnya tahun lalu sebelum pandemi Covid-19, tingkat penjualan daging agak menurun,” kata Asnawi. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT