Guru Dayah se Kabupaten Gayo Lues Dibekali Pelatihan Bioflok

Blangkejeren | AcehJurnal.com – Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh memfasilitasi pelaksanaan pelatihan peningkatan sumber daya manusia (SDM) dayah dalam rangka penerapan budidaya bioflok se Kabupaten Gayo Lues. Acara yang diselenggarakan mulai 30 November hingga 3 Desember 2022 diikuti sebanyak 124 guru dayah se Kabupaten Gayo Lues.

Ketua panitia Rizaldy dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) tenaga pendidik dayah. Harapannya pada pelatihan ini, tenaga pendidik mampu menerapkan kemandirian dengan sistem budidaya perikanan secara bioflok.

“Kita berharap nantinya afa kemandirian secara ekonomi pada lingkungan dayah sehingga mampu menjadi penggerak dalam peningkatan usaha produktif dayah, ” ujar Rizaldy dalam sambutannya, Kamis (1/12/2022).

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Dayah H. Sukrimas, anggota DPRK Gayo Lues Jafar dan unsur forkopimda lainnya.

Sementara anggota DPR Aceh Yahdi Hasan dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas perhatian Dinas Pendidikan Dayah Aceh. Acara pelatihan ini bersumber dari alokasi dana pokok pikiran (pokir) miliknya untuk dialokasikan kepada peningkatan kemandirian ekonomi dayah.

“Ini sejalan dengan mimpi Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh agar semua dayah harus mampu mandiri secara ekonomi. Sehingga kedepannya mampu membangun UMKM untuk peningkatan kesejahteraan, baik untuk lingkungan dayah maupun masyarakat, ” ujar anggota DPR Aceh Yahdi Hasan.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh melalui Kepala Bidang SDM Andriansyah saat membuka acara ikut mendukung pelaksanaan pelatihan bioflok bagi tenaga pendidik dayah.

“Yang diharapkan oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh adalah bagaimana santri atau guru-guru di lingkungan dayah mampu mandiri secara ekonomi. Mengingat kucuran dana otsus untuk Aceh semakin berkurang sehingga perlu adanya usaha kreatif dari lingkungan dayah, ” kata Andriansyah.

Menurutnya, pelatihan ini merupakan ikhtiar Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Dayah Aceh dalam upaya meningkatkan kapasitas tenaga pendidik atau guru dan teungku Dayah dalam berwirausaha. Sehingga kedepannya lagi bisa mandiri dan tidak lagi bergantung kepada pihak lain. Disamping itu, dengan keahlian itu, para tenaga pendidik atau guru dayah selain bisa mandiri secara ekonomi juga mampu menggerakkan sendi-sendi usaha ekonomi produktif bagi masyarakat sekitar.

“Dengan begitu, ini sekaligus akan membuka lapangan kerja baru bagi guru dayah secara khusus dan masyarakat sekitarnya pada umumnya. Harapannya dayah-dayah di Kabupaten Gayo Lues ini akan menjadi institusi pendidikan selain keilmuan berbasis IsIam juga memiliki pendapatan rutin untuk membiayai berbagai aktivitas utamanya, ” pungkas Andriansyah. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT