Guru Dayah Dayah Abu Kuta Krueng Laksanakan Vaksinasi

Pidie Jaya | AcehJurnal.com -Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya melaksanakan Vaksinasi bagi Dewan Guru yang sehari-hari mengajar di Dayah. Kegiatan vaksinasi ini dihelatkan di komplesk Dayah pimpinan ulama kharismatik Aceh,
Teungku H. Usman Ali atau yang lebih dikenal dengan Abu Kuta Krueng pada Sabtu(5/6/2021).

Salah satu dewan guru dayah, Teungku Mujlis mengatakan, Dayah Darul Munawwarah merupakan dayah yang pertama kali mengadakan vaksinasi massal bagi dewan guru

Hal ini sesuai dengan tindak lanjut dari Instruksi Gubernur (Ingub) Aceh Nova Iriansyah Nomor 08/INSTR/2021/ tentang perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dan mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di tingkat gampong untuk pengendalian penyebaran Covid-19. Selain itu juga berdasarkan surat Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Nomor 440.2/292 Tahun 2021 tentang penerapan PPKM di Lingkungan Dayah seluruh Aceh.

“Untuk hari ini, kami sukses melakukan vaksinasi sebanyak 28 orang Dewan Guru dan insya Allah besok akan kami lanjutkan lagi. Vaksinasi ini merupakan ikhtiar kita bersama dalam menghadapi wabah selain kita juga tidak lupa memanjatkan doa kepada Allah SWT,” kata Teungku Mujlis kepada AcehJurnal.com.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Zahrol Fajri juga menyambut baik ikhtiar yang dilakukan oleh Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng ini. Menurutnya, kegiatan ini memang harus seiring dan sejalan dalam menghadapi wabah yang saat ini sedang melanda dunia. Pasalnya, katanya lagi, vaksin termasuk salah satu cara dalam memutus m

Advertisement

ata rantai penyebaran Covid 19.

“Selain itu kita juga masih diwajibkan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Zahrol Fajri.

Mantan Kepala Biro Isra ini menambahkan, Dinas Pendidikan Dayah Aceh melalui surat Nomor 440.2/292 Tahun 2021 tentang penerapan PPKM di Lingkungan Dayah seluruh Aceh. Pihaknya kembali menghimbau kepada Pimpinan Dayah di Aceh agar melaksanakan Protokol Kesehatan secara ketat dalam Proses Belajar dan Mengajar di Dayah. Hal ini untuk menjaga keselamatan pimpinan dayah dan juga santri yang sedang mondok.

Zahrol berharap, Dayah ke depannya nanti dapat menyediakan alat pengukur suhu, menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer dan melakukan desinfektan.

“Termasuk memperketat atau membatasi kunjungan orang tua/wali santri yang ingin menjenguk anaknya di dayah,” tambahnya.

Terakhir Zahrol Fajri mengucapkan terimakasih kepada Dayah-dayah yang sudah mengindahkan Instruksi Gubernur Aceh dan khususnya kepada Dayah Darul Munawarah Kuta Krueng yang hari ini melaksanakan Vaksinasi bagi dewan guru. Zahrol berharap agar dayah-dayah yang lain juga melakukan hal serupa.

“Semoga saja usaha kita untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 ini dapat segera terwujud dan wabah ini segera diangkat oleh Allah SWT,” kata Zahrol Fajri.

Dalam acara tersebut turut hadir Kapolres Pidie Jaya AKBP Musbagh Ni’am, Kankemenag Pidie Jaya Ahmad Yani S.Pdi, Kadinkes Pidie Jaya Eddi Azwar SKM M.Kes, Danramil setempat dan Stakeholder terkait lainnya.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT