Gubernur Aceh Bertakziah ke Makam Ketua MPU Aceh

Banda Aceh | AcehJurnal.com – Gubernur Aceh Nova Iriansyah ikut bertakziah ke makam Ketua MPU Aceh, Abu Daud Zamzami, di Komplek Dayah Riyadhussalihin Gampong Ateuk Angguk, Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Ulama kharismatik Aceh yang juga murid langsung Abuya Syekh Muda Waly Al Khalidi itu, wafat pada Selasa (16/03) pada pukul 09.45 WIB pagi tadi.

Ketua MPU Aceh, Abu Daud Zamzami Meninggal Dunia

Gubernur datang bertakziah bersama sejumlah kepala SKPA, diantaranya Kepala Dinas Pendidikan Dayah, Zahrol Fajri, Kepala Dinas Syariat Islam, Alidar, Kepala Sekretariat MPU, dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh.

Kedatangan Gubernur Aceh dan rombongan ke dayah milik almarhum Abu Daud, disambut langsung oleh para Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk H Faisal Ali alias Lem Faisal bersama keluarga besar Dayah Riyadhussalihin.

“Atas nama pribadi, Pemerintah dan seluruh rakyat Aceh, Saya menyampaikan duka cita paling dalam atas meninggalnya Abu Daud,” kata Nova Iriansyah, di sela sela acara takziah itu.

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Zahrol Fajri dan Kadis Syariat Islam, Alidar menggelar doa bersama di makam Ketua MPU Aceh, Abu Daud Zamzami. Foto Taufik Ar Rifai
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Zahrol Fajri dan Kadis Syariat Islam, Alidar menggelar doa bersama di makam Ketua MPU Aceh, Abu Daud Zamzami. Foto Taufik Ar Rifai

Gubernur Nova mengatakan meninggalnya Abu Daud merupakan suatu kehilangan besar bagi Aceh. “Beliau salah seorang ulama besar di Aceh yang bisa mengayomi kita semua,” kata Nova Iriansyah.

Karena keilmuan dan ketokohannya, selama ini, lanjut Nova, Abu Daud dipercayakan memimpin lembaga Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh. Beliau telah banyak mewariskan ilmunya selama memimpin MPU. Banyak hal-hal besar yang terjadi di Aceh, dan MPU telah memberikan berbagai thausiah hingga fatwa yang kemudian menjadi rujukan bagi masyarakat banyak.

“Tidak cukup rasanya jika hanya menyampaikan terima kasih kepada Abu Daud atas semua yang telah beliau berikan kepada kita. Mari sama-sama kita mengirimkan doa, insya Allah almarhum mendapatkan balasan syurga dari Allah,” kata Nova Iriansyah.

Gubernur juga mengajak seluruh masyarakat Aceh melaksanakan shalat ghaib untuk melepas kepergian almarhum yang juga sosok seorang ulama yang sangat bersahaja dalam pergaulannya selama ini.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT