Gerindra Buka Peluang Kembali Berkoalisi dengan PAN, PKS dan Demokrat di Pilpres

JAKARTA – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman mengatakan partainya tak menutup kemungkinan kembali membangun koalisi dengan Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat seperti pada Pilpres 2019. Koalisi tersebut sempat mengusung pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno yang menurut survei Populi Center saat ini merupakan salah satu tokoh yang menjadi favorit di masyarakat.
“Ya, segala kemungkinan masih sangat terbuka (berkoalisi dengan partai pengusung Pilpres 2019),” ujar Habiburokhman saat dihubungi, Senin (25/4).
BACA JUGA : HUT ke 14, Gerindra Aceh Harap Prabowo Jadi Presiden
Habiburokhman menerangkan, partainya sampai saat ini masih menjaga komunikasi dan hubungan baik dengan semua partai politik koalisi pada Pilpres 2019. Ia pun engatakan Gerindra bakal mengalir saja dalam mengikuti proses dan tahapan Pilpres 2024.
Meski begitu, Habiburokhman mengatakan partainya harus realistis dalam upaya untuk mengusung kembali pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno. Sebab, untuk maju dalam Pilpres 2024 Gerindra perlu memenuhi ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold. Dengan adanya koalisi, maka tidak tertutup kemungkinan kursi cawapres bakal diberikan ke pihak partai koalisi.
“Kami juga harus realistis karena suara kami tidak cukup untuk maju sendiri, harus berkoalosi dengan partai lain dan logikanya posisi cawapres tentu diminta oleh partai lain,” kata Habiburokhman.
Dalam survei terbarunya, Populi Center menyatakan bahwa Prabowo Subianto masih menjadi menjadi tokoh yang paling banyak dikenal/ populer dengan 92,3 persen. Sandiaga Uno berada di posisi kedua dengan 78,5 persen dan Anies Baswedan 78,1 persen.
Selain itu, hasil survei juga menunjukkan Prabowo Subianto yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Ketua Dewan Pembina Gerindra sebagai tokoh yang paling banyak disukai masyarakat dengan 70,6 persen. Disusul Sandiaga Uno (65,1 persen), Anies Baswedan (58,7 persen), Ganjar Pranowo (54 persen), Ridwan Kamil (51,6 persen), Tri Rismaharini (51,1 persen), Khofifah Indar Parawansa (47 persen), dan Agus Harimurti Yudhoyono (40,7 persen).
Dalam survei yang sama, Populi Center juga menyatakan bahwa Sandiaga Uno yang merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra sebagai calon wakil presiden paling favorit. [Tempo.co]
Advertisement
Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT