Gempa 4,5 M Hentak Subulussalam, Benda Tergantung Berjatuhan

Subulussalam – Wilayah Subulussalam Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, diguncang Magnitudo (M) 4,9, Rabu (26/5/2021) pukul 20.38 WIB.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto menerangkan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi itu memiliki parameter dengan M 4,9. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,95 Lintang Utara dan 98,36 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 23 kilometer arah BaratDaya Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada kedalaman 120 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi,” ujar Hartanto.

Advertisement


Hartanto menjelaskan, guncangan gempa bumi itu dirasakan di daerah Subulussalam, Aceh Selatan II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Advertisement

Hingga Pukul 21.00 WIB, sebut Hartanto, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (Aftershock).

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah,”imbuh Hartanto. [Okezone.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT