Ditolak DPRA, Mendagri Setujui Rancangan Pergub LPJ APBA 2020

BANDA ACEH | ACEHJURNAL.COM – Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian akhirnya telah menyetujui usulan Rancangan Peraturan Gubernur Aceh  tentang Laporan Pertanggunng Jawaban (LPJ) Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) 2020.  Persetujuan tersebut ditetapkan dalam Keputusan Mendagri Nomor 903-4119 Tahun 2021 tanggal 17 September 2021 tentang Pengesahan Rancangan Pergub LPJ APBA 2020.

Perlu diketahui, Rancangan Qanun (Raqan) Laporan Penanggungjawaban (LPJ) pelaksanaan penggunaan APBA 2020 sebelumnya ditolak DPRA untuk dijadikan Qanun Aceh.

BACA : Plt Gubernur Aceh Tak Hadir, Sidang LPJ APBA 2019 Ditunda

Keputusan ini diambil setelah mendengar pendapat akhir Fraksi-Fraksi di DPRA pada sidang paripurna Jumat (20/8/2021) malam lalu.

Dari sembilan Fraksi yang ada di DPRA, lima Fraksi menyatakan tegas menolak Rancangan Qanun tentang Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) 2020 untuk diqanunkan, dan empat Fraksi setuju LPJ APBA 2020 diqanunkan.

Kelima Fraksi yang menolak itu adalah Fraksi PA, Fraksi Gerindra, Fraksi Golkar, Fraksi PPP, dan Fraksi PNA. Sedangkan empat fraksi yang menerima yaitu Fraksi Demokrat, Fraksi PAN, Fraksi PKB/PDA, dan Fraksi PKS.

Advertisement

“Pada tanggal 22 September lalu, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri telah menyurati gubernur terkait persetujuan Pergub yang diusulkan ,” kata Juru Bicara Pemerintah Aceh, Muhammad MTA, di Banda Aceh, Sabtu (25/9/2021).

BACA : Plt Gubernur Aceh Tak Hadir, Sidang LPJ APBA 2019 Ditunda

MTA menjelaskan, kuputusan mendagri terhadap persetujuan rancangan Pergub LPJ ABPA 2020 itu dilakukan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Keputusan Menteri terkait persetujuan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan,” ujar MTA mengutip salah satu poin keputusan dalam surat tersebut.

Selanjutnya, kata MTA, Keputusan Mendagri tersebut juga meminta gubernur untuk menyempurnakan Pergub LPJA APBA 2020 berdasarkan hasil pembahasan bersama Mendagri. Baru setelah menyempurnakan tersebut, gubernur kembali menyampaikan Pergub LPJ APBA 2020 untuk mendapatkan nomor register.

“Atas persetujuan ini, pemerintah Aceh segera memperbaiki hasil fasilitasi dan mengembalikan ke Kemendagri untuk  mendapatkan nomor register,” tambah MTA.

MTA menyebutkan, usai mendapatkan nomor register nantinya, Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, akan segera menetapkan Rancangan Pergub tentang LPJ APBA 2020 menjadi Pergub LPJ APBA 2020. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

HEADLINES

BERITA TERKAIT